Menampilkan Hidden Folder dan Files di Ubuntu

Jika suatu saat Anda ingin menampilkan folder ataupun file apa saja yang yang terhidden pada Ubuntu, maka Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut :



Langkah pertama pilih partisi yang Anda inginkan melalui menu Places pada Panel Menu bar, kemudian setelah muncul naulitus file manager arahkan ke menu Edit > Preferences.



Setelah muncul tampilan jendela File Management Preferences, beri tanda centang pada option Show hidden an backup files.



Setelah selesai, klik Close.

Saat kembali ke halaman Nautilus file Manager, sekarang Anda sudah dapat melihat beberapa folder dan file yang sebelumnya di hidden. File yang hidden awali dengan tanda .(dot).



Jika ingin mengembalikannya seperti semula, Anda tinggal melepas centang pada pilihan Show hidden end backup files.

Di Ubuntu sendiri, untuk menghidden suatu folder atau file sangatlah mudah Anda tinggal menambahkan . kemudian diikuti dengan nama file atau folder, maka dengan sendirinya file dan folder tersebut akan terhidden. Jika ingin menormalkan kembali hilangkan tanda . (dot).

Format Hidden File

.<nama file atau folder>


Sebenarnya untuk menampilkan Folder ataupun file-file yang hidden Anda dapat dengan mudah menggunakan kombinasi shorcut Ctrl + h

Catatan :
Places adalah tempat lokasi direktori atau partisi komputer Anda.
Nautilus adalah adalah file manager untuk GNOME desktop.


3 komentar:

Anonymous said...

oh ternyata begitu sistemnya di linux :-o

hendy said...

oke gan thanks banget infonya, berguna skali bagi ane, soalnya mau ganti theme, tapi foldernya ke hidden, hehe

Unknown said...

@hendy : sama-sama gan semoga bermanfaat :)

Post a Comment