Mengetik Dengan Karakter Arab di Sabily

Beberapa hari yang lalu ada seorang pengunjung blog ini yang menanyakan bagaimana mengetik menggunakan karakter Arab di Sabily, lebih kurang seerti itu. Dengan alasan ingin membantu sesama temen tersebut saya menuliskan postingan ini.

Pengubahan layout keyboard sebenarnya dapat dilakukan secara mudah di Sabily. Hal ini berguna jika suatu saat kita menginginkan menulis dengan karakter-karekter tertentu seperti katakanlah huruf Arab pada sebuah dokumen. Ini juga berlaku pada dsitibusi Linux Ubuntu Jaunty hanya saja pada Sabily memang sudah mendukung penuh penggunaan bahasa Arab, kita hanya perlu mensetingnya saja.

Untuk menambahkan keyboard layout Arab di Sabily, ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah pertama pilih System > Preferences > Keyboard

Setelah itu muncul halaman "Keyboard Preferences", pilih pada bagian "Layouts" pada defaultnya hanya ada Layout “USA”.



Untuk menambahkan layout “Arabic”, klik “Add...” Kemudian muncul halaman pilihan Layout.
Pada bagian "By country", untuk Countrynya pilih Saudi Arabia sedangkan untuk Variants pilih saja Arabic atau silahkan tentukan sesuai dengan karakter Arab yang diinginkan. (Dalam contoh ini, dipilih varian Arabic) Setelah itu, klik "Add".



Saat ini sudah terdapat dua pilihan keyboard layout pada halaman "Keyboard Preferences". Karena kita lebih sering menggunakan Keyboard Layout “USA” , pilihlah sebagai sebagai default dan Close.



Selanjutnya untuk mempermudah pergantian dari keyboard layout dari "USA" ke "Arabic', tambahkan applet “keyboard Indikcator “pada bagian atas panel bar. Caranya klik kanan pada menu panel yang kosong, lalu pilih "Add to panel... ".



Nantinnya akan muncul halaman untuk menambahkan applet ke panel bar. Kemudian cari item “Keyboard Indicator” dan pilih “Add”.



Dan sekarang pada panel bar telah terdapat applet “Keyboard Indicator“. Untuk mengubah setingan dari keyboard layout “USA” menjadi ”Arabic” dan sebaliknya, silahkan klik applet “Keyboard Indicator” tersebut.



Nah untuk mencobanya menuliskan karakter Arab silahkan gunakan aplikasi Gedit atau OpenOffice.org Word Processor. Kini Anda dapat menulis karakter Arab dengan mudah di Sabily.



Karena Keyboard Layout bawaan pada Laptop atau PC umumnya hanya menyertakan layout “USA” jadi untuk mengetik karakter Arab dengan mudah silahkan Print terlebih dahulu keyboard layout Arabicnya.



Jika Anda ingin lebih mudahnya lagi silahkan beli keyboard yang terdiri dari kombinasi kedua layout tersebut. Selamat mencoba.


4 komentar:

Anonymous said...

apa ada "onscreen keyboard arabic" di sabily? waktu pake distro PCOS2007 lalu, (kalo gak salah) sy dulu pake "xkvbd", tapi gak bs menampilkan layout keyboard arabic. mohon sharing ilmunya. (sy blm nyoba xkvbd di sabily)

hadinux said...

Hmm saya belum pernah mencobanya juga hehe :D
Mungkin anda bisa mencoba "Matchbox-keyboard" fungsinya sama yaitu On Screen Virtual Keyboard. Anda bisa mengistallnya dari Applications > Ubuntu Software Center > Keyboard.

meorbu said...

juga boleh dapatkan teknikal support percuma utk Sabily di http://linuxsabily.blogspot.com

hadinux said...

thanks atas infonya :)

Post a Comment