Circular Application Menu



Beberapa hari yang lalu, seorang teman menyuruh saya untuk melihat preview tentang window 7. Menurutnya ada sebuah menu aplikasi tambahan berbentuk lingkaran yang membuat window tampak lebih keren.Berikut Screenshotnya.


Tapi selama ini desktop linux saya masih jauh lebih keren dari pada desktopnya window temen saya, maklum karena efek-efek compiz fusion yang mempesona :D. Rasa keingintahuan terhadap aplikasi tersebut muncul, kemudian saya mencoba menjelajah di dunia maya untuk mencari tau bagaimana sebenarnya aplikasi tersebut. Ternyata memang benar ada aplikasi tersebut, kemudian muncul dipikiran saya bagaimana klau di linux ada tidak ya?? Setelah menjelajah lagi di dunia maya akhir saya mendapatkan sebuah aplikasi serupa yang berjalan di linux, nama aplikasinya adalah Circular Application Menu.


Circular Application Menu adalah sebuah aplikasi seperti launcher yang berbentuk lingkaran dan di dalamnya terdapat menu-menu aplikasi pada sistem operasi linux. Aplikasi ini membuat tampilan desktop linux lebih menawan dan ternyata masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut.



Untuk mengintall aplikasi ini di ubuntu hardy ikuti langkah-langkah berikut :
Pertama download paket DEB Circular-Application-Menu.

Kemudian klik kanan file tersebut pilih Open with “Gdebi Package Installer”.
Setelah itu muncul jendela Package Installer,pada bagian kanan klik Install Package.



Proses instalasi akan berjalan dengan sendirinya sampai selesai.



Bagaimana menjalankannya ?
Pilih Applications > Accessories > klik Circular-Aplication-Menu.
atau dengan menekan combinasi tombol (shorcut) Alt + F2, pada jendelan Run Aplication ketikan circular-main-menu lalu klik run pada bagian bawah.



Launcher Circular Application Menu juga dapat disatukan dengan Avant-Window-Navigator(AWN), silahkan buat launchernya pada awn manager. Sekarang Anda bisa mencobanya, selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment