Mengurangi Komsumsi Daya dengan Power TOP

Saat ini program-program komputer, semakin hari semakin berkembang dengan update fitur terbaru. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan resource dan komsumsi daya pada komputer menjadi berlebih, bahkan pada saat komputer idle. Padahal tidak semua fitur yang ada terpakai. Bagi anda pengguna sistem operasi linux mungkin bisa mencoba aplikasi yang berguna ini, yaitu PowerTOP.

PowerTOP adalah Software Linux yang membantu anda menemukan dan membunuh program-program yang tidak kita inginkan pada saat komputer sedang tidak bekerja (idle). Power TOP akan mengidentifikasi program-program yang menyebabkan penggunaan daya berlebih. Dengan menjalankan Power TOP maka akan meminimalisasi penggunaan daya ketika sistem tidak bekerja sehingga dapat memperpanjang umur baterai jika anda menggunakan laptop.Program ini hanya dapat di jalankan untuk platform Intel dan merupakan aplikasi berbasis text.

Bagaimana menginstall Power TOP di ubuntu hardy?

Pertama buka Terminal dan ketikkan perintah berikut :

$ sudo apt-get install powertop

untuk mulai menjalankannya ketik perintah

$ sudo powertop


PowerTOP menggabungkan berbagai sumber informasi dari kernel ke dalam satu layar agar lebih mudah memantau bagaimana sistem anda menghemat daya, dan komponen mana yang menjadi masalah paling besar.PowerTOP bekerja lebih baik pada laptop, atau komputer dengan Processor Intel mobile.Jika anda penasaran silahkan mencoba dan buktikan sendiri.


Referensi

http://tombuntu.com/index.php/2008/09/09/reduce-power-usage-with-powertop/
http://www.lesswatts.org/projects/powertop/


0 komentar:

Post a Comment