Ubuntu Masuki Dunia Ponsel

Pabrikan pembuat chip untuk aplikasi mobile, Arm, telah mengumumkan kerjasama degan pembuat sistem operasi open source Ubuntu. Perjanjian kerjasama ini akan menghasilkan sistem operasi versi kecil, yang nantinya dapat digunakan pada laptop berukuran mini yang bisa dikenal dengan netbook.

Sistem operasi baru yang akan menggunakan chip Arm ini sepetinya akan hadir di bulan April 2009. Arm mengharapkan perangkat mobile pertama yang menggunakan sistem operasi Ubuntu akan hadir bersamaan dengan ajang komputer Computex pada bulan Juni 2009.


Perangkat mobile ini nantinya berbasiskan Arsitektur Arm7 atau menggunakan Processor Cortex A8 dan A9. Arm mengatakan sistem operasi ini juga dapat digunakan untuk netbook dengan layar 25 cm atau 10 inci, dan nantinya dapat menjalankan aplikasi video, web browser dan program seperti OpenOffice.org.

Notebook dengan dimensi kecil telah membuktikan kepupoleran mereka dengan keungulan fitur serta performa baik pada saat digunakan didalam kantor ataupun diluar. Arm saat ini telah memproduksi chip untuk berbagai macam firma, seperti TI, Qualcomm, dan berbagai macam perangkat mobile lainnya. Chip Arm juga digunakan pada ponsel pintar G1 yang menggunakan software besutan google.


Sumber :PC Mild





5 komentar:

Liza Marthoenis said...

usus buntu lagi,..hek deh

hadinux said...

he.he.. bukan usus buntu tapi Ubuntu, liza sih belum tau apa itu ubuntu dan kelebihannya :P. Coba main-main ke link dibawh ini dulu biar ngerti
http://www.ubuntu-id.org/
http://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu

Anonymous said...

nice inpo nih
so bakal si pasang di hape merk apa yak

Anonymous said...

oia salam kenal ya *salaman*
ikut tukeran link ya *berharap*

jangan segan2 mampir ke blog sayah. karena sayah dan temen2 laen pengen tahu dari blogger aceh sendiri. apakah benar berita tentang Dyana Dilla.

hadinux said...

hmm blum jauh juga ni mas :D tapi klau Hp yang bersistem operasi linux ada tuh Motorola

Post a Comment