Setting Manual IP Komputer Pada Network Manager Applet 0.7.0

Menggunakan Ubuntu rilis terbaru dengan berbagai penambahan aplikasi baru seperti Ubuntu 8.10 (ibbex), belum tentu membuat nyaman bagi setiap orang. Munculnya aplikasi baru memperbaharui aplikasi yang lama terkadang malah merepotkan dalam hal konfigurasinya aplikasi tersebut bagi sebagian orang. Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan teman-teman saya, yang sempat kebingungan dalam mengkonfigurasi Network Connections pada Ubuntu 8.10, hal ini dikarenakan pada Ubuntu 8.10 untuk Network Connectionnya telah menggunakan Network Manager Applet 0.7.0 sedangkan di Ubuntu 8.04 (hardy) masih menggunakan Network Manager Applet 0.60 yang tampilan dan fiturnya cukup sederhana. Akan tetapi Network Manager 0.7.0 memiliki fitur tambahan yang memudahkan Anda untuk konektifitas Mobile Broadband yang sedang populer saat ini.



Bagaimana cara mensetting IP komputer secara manual di Ubuntu agar dapat terkoneksi dengan internet? Baiklah Anda cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini :

Langkah pertama, klik icon bergambar komputer pada area notifikasi dibagian atas kanan Panel Bar. Kemudian Klik Configure VPN...



Selanjutnya muncul jendela Network Connections, pilih tab Wired jika ingin men-setting koneksi menggunakan kabel dan lanjutkan dengan memilih Add.



Setelah itu muncul jendela Editing Wired connection 1, pilih tab IPv4 Settings. Pada menu Method rubahlah menjadi Manual.



Kemudian pada kolom Address pilih Add untuk memasukkan IP Address, Netmask dan Getway. Dan jangan lupa terakhir memasukkan DNS servernya pada kolom bagian bawah. Setelah selesai semuanya klik Ok.



Semoga bermanfaat buat teman-teman semuanya


5 komentar:

Baka Kelana said...

Makasih banyak Tck
atas informasi dan Tutorialnya
sangat bermamfaat

Anonymous said...

sama-sama :), klau kira2 ada yang kurang paham tentang ubuntu bisa nayak2 di blog ini, nanti akan saya bantu sebisanya:)

Anonymous said...

sipp banget nich tutorialnya



lirik dan chord lagu aceh bisa di http://nandardeath.wordpress.com/lirik-lagu-aceh-chord/ ada lebih dari 40 judul lagu

embun said...

kasih tutorial untuk yang mobile broadband, dong..Aku dah coba gak berhasil-berhasil, padahal pake pppconfig bisa

hadinux said...

hmm nanti deh akan dicobain dulu ok, kalau dah berhasil baru di posting. soalnya blum nyoba lagi :D

Post a Comment