Dukungan USB 3.0: Pertama Hadir Pada Kernel Linux



The xHCI (USB 3.0) host controller driver dan dukungan awal perangkat USB 3.0 saat ini telah tersedia untuk umum di git.kernel.org. Dukungan ini nantinya akan hadir pada kernel 2.6.31, sehingga pengguna Linux dapat menikmati dukungan terhadap USB 3.0 pada September 2009 mendatang.

Sarah Sharp yang juga merupakan pengembang Linux di Intel Open Technogy, baru baru ini telah mengumumkan pada Blognya bahwa dukungan USB 3.0 akan ditanamkan ke dalam kernel Linux. Ini artinya Linux akan menjadi sistem operasi yang pertama di dunia yang mendukung USB 3.0. Sarah Sharp juga bekerja dengan Keve Gabbert untuk memastikan bahwa distribusi Linux seperti Ubuntu dan Red Hat akan menjadi distro pertama yang akan ditanamkan driver xHCI bagi USB 3.0. Selanjutnya driver tersebut nantinya akan ditanamkan ke dalam kernel 2.6.31. Bagi pengguna Linux yang tidak ingin direpotkan dengan mengkompilasi kernel linux sendiri, maka silahkan tunggu hingga bulan september nanti untuk dapat menikmati dukungan tersebut.

Teknologi USB 3.0 juga dikenal sebagai SuperSpeed USB. Fitur baru dari USB 3.0 yaitu peningkatan kinerja 10 kali lebih cepat dari USB 2.0, kecepatan transfer sampai dengan 4,8 gigabyte per detik dan secara potensial mampu menjadi pesaing berat FireWire3200.


Source : http://sarah.thesharps.us

2 komentar:

manusiahero said...

wah hebat ya linux...

hadi said...

so pasti mas :D cuma banyak yang belum tau ja kehebatan linux hehe
Linux adalah OS masa depan :D

Post a Comment