Merencanakan Kegiatan Menggunakan Aplikasi Project Management


Bagi sebagian orang perencanaan suatu kegiatan merupakan hal yang penting. Dengan melakukan perencanaan yang baik, maka nantinya pelaksanaan suatu kegiatan akan terlaksana dengan baik dan hasilnyapun akan sangat memuaskan. Untuk membuat perencanaan kegiatan saat ini sangatlah mudah, dengan bantuan sebuah software kita sudah dapat membuat perencanaan suatu kegiatan dengan baik. Berbicara tentang aplikasi Project Management saat ini sudah banyak yang dapat menyusun perencanaan dengan baik dan terperinci. Bagi yang terbiasa menggunakan sistem operasi windows mungkin tidak asing lagi dengan aplikasi MS.Project. Nah bagi Anda yang sudah terlanjur bermigrasi ke Linux Ubuntu dan ingin membuat sebuah perencanaan yang baik, tidak perlu khawatir karena di Ubuntu pun tersedia aplikasi serupa yang free yaitu Planner.

Planner adalah sebuah aplikasi Manajemen Proyek yang mendukung Gantt chart, alokasi sumber daya dan integrasi dengan aplikasi GNOME yang lain. Aplikasi ini terbilang cukup baik untuk perencanaan sebuah proyek ataupun kegiatan. Sedikit kekurangan aplikasi ini yaitu belum mendukung Pert chart. Semoga saja kedepannnya aplikasi ini semakin bertambah fitur-fiturnya.


Berikut Langkah-langkah instalasi Planner di Ubuntu Karmic :

Pertama-tama pilih Applications > Ubuntu Software Center, selanjutnya ketikan planner pada kolom search. Setelah aplikasi planner ditemukan selanjutnya klik icon panah untuk menginstall.



Selanjutnya pilih install planner.



Proses instalasi sedang berlansung.



Menjalankan aplikasi planner, pilih Applications > Office > Project Management





Screenshots Aplikasi Planner



Tampilan Gantt Chart



Bagi Anda yang membutuhkan panduan menggunakan aplikasi planner, silahkan pilih menu Help > User Guide (F1) pada aplikasi tersebut. Selamat mencoba...



4 komentar:

ayi said...

:) mantaps!!kebetulan baru beli buku catatan baru utk nulis ttg planning,eh..udah ada Planner yaa

hadinux said...

@ayi :hehe silahkan mencoba menggunakan aplikasi planner untuk berbagai perencanaan kegiatannya :D
Jika ada kesulitan jangan sungkan2 mampir lagi ke blog yang sederhana iini ;;)
sedikit informasi selain planner ada satu lagi aplikasi free untuk perencaan yaitu GantProject silahkan langsung saja ke situs resminya http://www.ganttproject.biz/
Semoga bermanfaat :)

Reza said...

Mantap tu rif....pingin joba juga lah...:D hehehe

hadinux said...

@masReza : boleh boleh silahkan dicoba :D

Post a Comment