Shutter: Membuat Screenshot Jadi Lebih Mudah dan Cepat

Berbicara urusan mengambil tangkapan layar (baca: screenshot) komputer, aplikasi yang satu ini sangat bisa diandalkan. Aplikasi ini jauh lebih powerfull dibandingkan aplikasi serupa bawaan instalasi Ubuntu yaitu TakeScreenshot. Selain fitur-fitur yang diberikan, aplikasi yang satu ini juga sangat mudah digunakan. 

Shutter adalah sebuah aplikasi penangkap layar (baca: screenshot) yang memiliki banyak fitur. Shutter juga merupakan aplikasi free dan opensource yang berjalan di sistem operasi Linux. Dengan Shutter Anda dapat mengambil screenshot dari area tertentu, jendela (baca: window), seluruh layar Anda, atau bahkan dari sebuah situs web. 
Selain itu Anda juga bisa menggambar di atasnya untuk menyorot menu, dan kemudian bisa juga di upload langsung ke hostingan gambar situs dan semua bisa Anda lalukan hanya dengan sebuah aplikasi. Tidak hanya itu, ada beberapa plugin tambahan yang bisa Anda manfaatkan seperti : 3D refelection, 3D rotate, bordereffecrs, polaroid dan masih banyak lainnya. Menurut hemat saya shutter merupakan salah satu aplikasi takescreenshot yang paling sempurna yang berjalan pada sistem operasi Linux. 

Interface Aplikasi Shutter


Berikut sceenshot beberapa fitur aplikasi shutter :


Capture Session


Capture  Desktop


Capture Edit Screenshot


Untuk penggunaan plugin, pilih Screenshot > Run a plugin. Selanjutnya piih plugin yang ingin Anda terapkan dan Run. Pada tulisan ini saya mencontohkan penggunaan plugin 3D refelection. 


Capture  Run a plugin

Screenshot yang telah dimodifikasi menggunakan plugin aplikasi Shutter.



Capture 3D refelection


Anda tertarik menginstall di mesin Ubuntu Anda ? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini. 

Buka Terminal,  pilih Applications > Accessories > Terminal kemudian ketikan perintah berikut :


 sudo add-apt-repository ppa:shutter/ppa
 sudo apt-get update && sudo apt-get install shutter


Jalankan Shutter melalui Applications >Accessories > Shutter.

Selamat mencoba.



4 komentar:

nugrahajawa said...

wah keren nih ternyata ada jg applikasi ini :)]

hadinux said...

@nugrahawaja ; iya mas aplikasinya ok banget, ada plugin watermark juga lho mas. klau mau jelasnya silahkan coba aja tapi syaratnya cuma berjalan di LInux :D

Ummul Khairi said...

screen shoot aja udah bagus apalagi shutter yak..:)]

hadinux said...

@ummul:Ya begitulah salah satu kemampuan aplikasi opensource :) Silahkan mencobanya tapi pastikan dulu sistem operasi Anda Linux :D

Post a Comment