Solusi Install Ubuntu 10.10 di Laptop Axioo Neon

Setelah berjuang selama seharian mencari referensi dan mencoba, akhirnnya Ubuntu 10.10 alias Maverick Meerkat berhasil terinstall di laptop Axioo Neon. Berawal dari seorang teman yang ingin menginstall Ubuntu 10.10 dilaptopnya, kemudian saya mencoba menginstall Ubuntu seperti biasanya. Ternyata tidak mudah mengisntall Ubuntu Maverick Meerkat di laptop Axioo Neon, butuh beberapa ritual khusus dan kesabaran tingkat tinggi untuk dapat mengintallnya dengan sukses.  Melalui postingan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman menginstall Ubuntu Maverick Meerkat sehingga dapat duduk manis di laptop Axioo Neon. Baiklah silahkan Anda lanjutkan menyimak   penjelasan berikut ini.


Pertama-tama jalankan Live CD Ubuntu Maverick Meerkat, selanjutnya pada menu tampilan Instalasi tekan tombol F6 (Other Options) , kemudian akan muncul beberapa pilihan. 


Disable pilihan noapi, nolapic kemudian tekan ESC dan lanjutkan proses instalasi. 

Setelah proses instalasi selesai dan melewati menu grub, Ubuntu tetap tidak berhasil masuk ke Desktop,   hanya muncul tampilan layar hitam dengan beberapa pesan aneh seperti berikut :



[ 1.205008] Disabling IRQ #28
[ 1.378040] Disabling IRQ #29
Gave up waiting for root device. Common problems :
- Boot args (cat /proc/cmdline)
- check rootdelay= (did the system wait long enough?)
- check root (did the system wait for the right device?)
- Missing modules (cat /proc/modules; Is /dev)
ALERT! /dev/disk/by-uuid/0e426d84-e0b4-46e6-9c4d-0037b200ef62 does not exist.
Dropping to a shell!
BusyBox v1.15.3 (Ubuntu 1:1.15.3-1ubuntu5) built-in shell (ash)
Enter 'help' for a list of built-in commands.

(initramfs)




Jika Anda pernah mengalami hal serupa ketika menginstall Ubuntu 10.10 ini, tenang jangan putus asa karena ada solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Agar bisa masuk ke Desktop Ubuntu ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pada saat pilihan menu grub ditampikan, tekan huruf e kemudian tambahkan noapic dan nolapic pada bagian belakang opsi quiet splash. 

Jika berhasil sekarang Anda sudah berhasil masuk ke Desktop Ubuntu, selanjutnya edit file grub.cfg. Buka terminal ketikan perintah berikut :


sudo gedit /boot/grub/grub.cfg


Cari baris kode berikut ini :

sudo /vmlinuz-26.35-22-generic root=UUID=d93f8924-bbfc-45f7-92bc-6c2429fa005 ro quit splash





sebelum

dan tambahkan noapic nolapic. Sehingga menjadi seperti ini :


sudo /vmlinuz-26.35-22-generic root=UUID=d93f8924-bbfc-45f7-92bc-6c2429fa005 ro quit splash noapic nolapic



sesudah


Selanjutnya reboot mesin Ubuntu Anda :)

Tunggu dulu sampai disini Ubuntu Anda belumlah sepurna dikarenakan resolusi layar yang digunakan masih berjalan pada 800x600, ini tentu saja sangat tidak nyaman bagi penglihatan. Penyebab dari semua masalah ini dikarenakan laptop Axioo Neon menggunakan VGA dengan chipset SIS (SIS M671/672 alias Mirage 3) yang sampai saat ini masih belum disupport oleh Ubuntu. Untuk mengatasi resolusi layar yang masih belum sempurna silahkan merujuk ke sini Mengoptimalkan Resolusi Layar VGA Display Adapter [SIS] 771/671 di Ubuntu. Jika belum berhasil juga silahkan langsung kesini. 

Semoga bermanfaat
Mari terus gunakan sistem operasi yang legal



Referensi :
http://blog.loksado.com/sis-mirage-3-di-ubuntu-10

http://linux.via.com.tw/support/downloadFiles.action

19 komentar:

imajinasiku said...

mas saya juga pengguna axioo dan saya juga menginstal ubuntu 10.10, untuk masalah resolusi sendiri saya sudah berhasil.

untuk wirless sendiri apakah ada pembahasannya? :I

hadinux said...

Wah klau untuk wirelessnya kebetulan belum nemu permasalahannya di laptop axioo jadi blum bisa saya bahas :) Mungkin bisa mencari referensinya dari mbah google hehe maaf tidak membantu menjawab pertanyaannya.

Rahadyan said...

bang..akuudah ikutin saran diatas.. tp kok ubuntu 10.10 q ngak bsa "turn off" ya bang? mhn bantuan nh :(

hadinux said...

@rahadyan : Ya klau untuk laptop dengan VGA SIS masalahnya sering terjadi seperti itu :D Untuk solusinya coba ke postingan saya sebelumnya http://hadinux.blogspot.com/2009/07/solusi-mengatasi-system-halted-di.html

Fikri said...

baru install di laptop axioo neon nih, tapi ada masalah dengan resolusinya ^^

cari infonya di sini, terimakasih sob... (langsung ke TKP)

hadinux said...

@fikri : Sama-sama semoga bermanfaat :)

Anonymous said...

mas saya awalnya ngistall ubuntu pake wubi, boot pertama ada pilihan wndows sama ubuntu, tapi g bisa masuk ke ubuntu, trus saya coba cara di atas, nginstallnya berhasl dan minta restart, pas booting awal koq tetep g bisa masuk ubuntu? sepertinya filenya wubi belum terhapus semua, gimana cara menghapusnya?pesannya:
/sistem32/hal.dll
mohon batuanya, terima kasih...

Anonymous said...

kang, ubuntu 10.10 hanya mendeteksi satu cpu saja di axioo neon, padahal axioo neon kan dual core. dulu pernah install ubuntu 8.04 dual core terdeteksi semua. apa karena opsi noapic nolapic itu jadi hanya terdeteksi satu saja?

Achmad Syah Ronie, ST said...

Posting yang bagus dan sangat membantu. Sudah coba di 10.10 32 bit ok bagaimana kalau di 64 bit. Mohon pencerahannya...

hadinux said...

@achmad : Klau untuk 64 bit saya belum pernah mencobanya jadi tidak bisa memberi pencerahan :D
Mungkin tidak jauh berbeda dengan yang 32 bit :)

nuris akbar said...

setelah coba berulang ulang.akhirnya berakhir dengan rusaknya chipset .berhubung onboar maka harus diganti sekalian dengan motherboarnya.
hek ule .....

axio axio ...
good bye axioo
welcome asus

ha ha ha
^_^

hadinux said...

@nuris : Turut Berduka atas musibah yang menimpa axioo neonya :D Harap maklum laptopnya suda tua jadi effek sampingnya seperti itu hehe dan satu lagi axioo versi lama memang belum compatible dengan sistem operasi Linux khususnya Ubuntu. Dibalik itu semua pasti ada hikmahnya :D
Wah laptop baru niee selamat selamat :)

ilham(ilhamsy12@gmail.com) said...

Makasih atas Infonya, saya dah coba pada laptop saya Anote A-24116 Dualcore(Upgrade), VGAnya juga SIS 671, Alhamdulillah berhasil install Ubuntu 11.04, setelah noapic dan nolapicnya di non aktifkan, ternyata setelah saya update langkah tersebut harus diulangi kembali, karena setelah diupdate kondisi grub.cfg kembali lagi seperti sebelum kita edit

hadinux said...

@ilham : Sama-sama selamat ber ubuntu ria :D

kliknklik said...

saya suka pusing kalo pake sistem operasi ubuntu.. waktu dulu pernah coba dan hanya kuat bertahan 1 bulan langsung balik lagi ke windows.. tapi makasih sudah mau berbagi bos..

Hadinux Nubie said...

@kliknklik : Semuanya kembali kepada kebiasaan dan terus mencoba :) saya awalnya juga kesusahan blejar sistem operasi Linux khususnya Ubuntu. Setelah terus-menerus belajar dan mencoba akhirnya sekarang udah terbiasa malah sama seperti saya menggunakan sistem operasi mac. Dari pada menggunakan windows sekarang saya lebih suka menggunakan macoxs he..he..
Semuanya kembali lagi ke kitanya mau menggunakan sistem apa :) Sama-sama bos :D

Gusti Blues said...

kk, ketika saya mengikuti cara http://hadinux.blogspot.com/2011/01/solusi-install-ubuntu-1010-di-laptop.html dan sampai pada saat mengetik sudo gedit /boot/grub/grub.cfg lalu muncul tulisan command not found. apa yang kurang yah? mohon pencerahannya.. punyaku axioo neon sis mirage 3

Gusti Blues said...

kk, ketika saya mengikuti cara http://hadinux.blogspot.com/2011/01/solusi-install-ubuntu-1010-di-laptop.html dan sampai pada saat mengetik sudo gedit /boot/grub/grub.cfg lalu kotak baru dan kosong. acari baris tersebutnya dimana yah? mohon pencerahannya.. punyaku axioo neon sis mirage 3

Anonymous said...

Thank Gan Atas bantuannya...

Post a Comment