Solusi Mengaktifkan Fungsi Touchpad HP Mini 210 Pada Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)

Akhirnya pada kesempatan kali ini saya berhasil menginstall Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) di netbook HP Mini 210-1000 tanpa ada kendala yang berarti pada saat proses installasi sampai dengan selesai. Masalah terdektesi setelah saya Login ke sistem Ubuntu .  Masalah yang pertama kali saya hadapi adalah tidak berfungsinya klik kanan pada touchpad. Hal ini tentunya sangat menggangu kenyaman dalam menggunakan netbook. Dengan menggunakan bantuan mouse saya mencoba mencari solusi untuk mengatasi masalah ini. Setelah beberapa lama mencari, akhirnya saya menemukan solusi terbaik di forum Ubuntu. Dan ternyata caranya sangat  sederhana untuk mengatasi masalah tersebut. Jika Anda pernah mengalami hal yang sama, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Pertama-tama buka Application>Accessories>Terminal, dan ketikan perintah :

 sudo su

selanjutnya "Enter" dan ketikan perintah :

 echo options psmouse proto=exps > /etc/modprobe.d/psmouse.modprobe


Setelah mengetikan perintah diatas, silahkan restart mesin Ubuntu Anda. Sekarang touchpad pada netbook Hpmini Andapun sudah berfungsi dengan normal. Semoga bermanfaat :)

8 komentar:

Ezcool World said...

wew
kren jg :D

hadinux said...

Terimakasih :)

inayah said...

saya pake windows 7 ap juga bisa dengan cara di atas gan??
mohon bantuannya...??

hadinux blog said...

@inayah : Itu hanya berlaku jika touchpadnya bermasalah pada sistem Operasi Ubuntu Linux.Pada sistem operasi windows 7 silahkan install driver untuk Touchpadnya agar bisa berfungsi dengan baik.

Anonymous said...

PAKAI CARA INI, FUNGSI SCROLL TOUCPAD MALAH MATI, EDGE SCROLL AMA TWO FINGER SCROLL JADI "K O I T"

Unknown said...

@Anonymous: wah itu caranya udah ketinggalan hehe.. silahkankan install di update aja Ubuntunnya pastinya touchpadnya langsung detek. :D

Unknown said...

Ngaoain harus terminal, restart aja bro

Toko Online Batik said...

scroll dua jari jadi ga berfungsi gan :(
ada cara laen??

Post a Comment