Gnome Split : Memecahkan dan Menggabungkan File Jadi Lebih Mudah di Ubuntu

Dua hari yang lalu saya disibukkan dengan file-file yang semuanya merupakan hasil pemecahan (baca:split), agar bisa dibuka file-file tersebut harus terlebih dahulu digabungkan (baca: merge) menjadi satu file yang utuh. Sebenarnya untuk melakukan split ataupun merge sebuah file saya bisa melakukanya dengan mengetikan baris perintah melalui terminal pada sistem Ubuntu. Tapi bagi Anda yang baru menggunakan sistem Ubuntu akan sedikit direpotkan ketika ingin menggabungkan atau memecahkan file harus selalu menggunakan baris perintah pada terminal. Jika Anda sebelumnya menggunakan sistem operasi Windows mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Hjsplit. Bagaimana dengan sistem Ubuntu ?
Bagi Anda pengguna sistem Operasi Ubuntu tidak perlu pusing, kini dengan menggunakan aplikasi Gnome Split yang berbasis GUI (baca : Grafik User Interface) Anda dengan sangat mudah bisa memecahkan (split) ataupun menggabungkan file-file yang diinginkan.

Gnome Split merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memsplit file-file besar dan menggabungkannya kembali (merge). Dengan bantuan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah memsplit file yang kapasitasnya besar sehingga menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Tentunya dengan metode split ini sangat membantu ketika Anda ingin meng-upload file tersebut  ke internet.

Untuk menginstall Gnome Split pada sistem Ubuntu, ketikkan baris perintah berikut pada terminal :

sudo add-apt-repository ppa:gnome-split-team/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install gnome-split

Berikut hasil Screenshoot aplikasi Gnome Split :





Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment