Menambahkan Repository Aplikasi Melalui Ubuntu Software Center

Canonical mulai memperkenalkan program Software Center sejak Ubuntu 9.10 (Karmic Koala). Sampai dengan saat ini telah terjadi banyak perubahan pada Ubuntu Software Center yang semuanya bertujuan untuk menjadikan Ubuntu sebagai salah satu sistem operasi Linux yang cepat, aman dan mudah digunakan. Ubuntu Software Center adalah sebuah program untuk browsing, install dan remove software (baca:aplikasi) yang disertakan pada sistem operasi Ubuntu. Selain itu juga berfungsi untuk menambahkan software repository. Ubuntu Software center memudahkan dalam urusan menginstall maupun menghapus sebuah aplikasi pada sistem Ubuntu.

Dengan menggunakan Ubuntu Software Center Anda dapat mengakses ribuan aplikasi free dan open source berdasarkan katagori, seperti katagori Accesories, Internet, Office, dan lainnya yang bersumber dari repository Ubuntu. Semua aplikasi dapat dengan mudah diinstall dan remove. Bagaimana jika Ada aplikasi yang tidak terdapat dalam repository Ubuntu? Apakah masih bisa tetap diinstall ? Mungkin sebagian dari Anda akan bertanya-tanya tentang beberapa hal tersebut.

Sebenarnya untuk menginstall aplikasi yang sumbernya dari repository pihak ketiga, bisa dikatakan susah-susah gampang bagi sebagian pemula yang baru saja menggunakan Sistem Operasi Ubuntu. Hal ini dikarenakan Anda diharuskan menggunakan baris perintah melalui Terminal untuk dapat menambahkan alamat server repository dan menginstall/remove aplikasi pada sistem Ubuntu. Tentu saja hal ini sangat menyulitkan dan merupakan kendala terbesar bagi -pemula yang ingin menggunakan Ubuntu. Baru menggunakan sistem berbasis Opensource, langsung dihadapakan dengan baris-baris perintah yang sangat menyulitkan. Nah dengan adanya Ubuntu Software Center, pengguna awam tidak akan kesulitan lagi dalam hal mengisntall/remove aplikasi pada sistem Ubuntu.

Berikut Cara mudah menginstall aplikasi dari repository pihak ketiga pada sistem Ubuntu melalui Ubuntu Software Center :

Pertama-tama buka Ubuntu Software Center, pilih Edit > Software Sources.




Selanjutnya pada jendela Software Sources, pilih tab Others Software, klik Add..



Kemudian pada kolom APT Line isikan alamat repository aplikasi yang diinginkan dan klik Add Source.


Selanjutnya tunggu beberapa saat proses reload yang dilakukan Ubuntu Software Center terhadap repository yang baru saja ditambahkan. Setelah selesai proses update respository, Ubuntu Software Center sudah bisa digunakan untuk menginstall aplikasi dari pihak ketiga tersebut.

Semoga nantinya pada Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot) yang direncanakan akan rilis Oktober mendatang Ubuntu Software Center akan semakin lebih baik.

0 komentar:

Post a Comment