[Update] Install ROM CyanogenMod 7 di Galaxy 5

Pada postingan sebelumnya disini, saya pernah menjelaskan bagaimana cara melakukan flashing ataupun upgrade ROM ponsel android khususnya Galaxy 5 melalui komputer. Maka pada kesempatan kali ini saya akan kembali memberikan tutorial terbaru tentang bagaimana cara melakukan flashing ponsel android tanpa menggunakan komputer lagi. Pastinya jauh lebih mudah dari sebelumnya.

Aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan flashing kali ini hanya satu saja yaitu MAD Manager. MAD Manager adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan flashing ROM dengan sangat mudah. Dengan menggunakan MAD Manager Andapun akan dengan mudah mengetahui jika ada update ROM terbaru untuk ponsel Android Anda. Sedikit informasi, aplikasi ini baru bisa berjalan jika ponsel Android Anda sudah di rooting.

Untuk menginstall ataupun mengudapte ROM ponsel android menggunakan MAD Manager, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :


1. Install aplikasi MAD Manager pada ponsel Android, bisa langsung dari play store.

2. Jalankan Aplikasi MAD Manager.




3. Pilih Download Roms pada menu utama. Kemudian pilih Rom CyanogenMod 7.2.0. Selanjutnya pilih ROM Releases versi yang terbaru. Pilih lagi Download ROM dan tunggu sampai proses downloading selesai.



Sampai dengan postingan ini saya tulis, CyanogenMod sudah merilis versi terbaru CyanogenMod 7.2.-RC3+ v.26 build 20120621. Pada tahapan ini sebaiknya menggunakan koneksi wifi agar lebih maksimal hasilnya. 


4. Pilih Download Roms kembali, kemudian pilih Google Apps. Selanjutnya pilih Google Apps untuk versi 20110828 Gingerbread dan download.




5. Install ClockworkMod Recovery pada ponsel Android. Pilih ClockworkMod Recovery. Kemudian pilih ClokworkMod versi terbaru dan Download. Jika setelah selesai muncul pertanyaan "Flash recovery now?" abaikan saja dengan memilih "cancel"




6. Pilih Backup & Restore masih di menu utama MAD Manager. Tujuanya adalah untuk membakup ROM sebelumnya yang kita gunakan, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka bisa direstore kembali ROM tersebut. Jika Anda sudah yakin dengan data yang sudah dibackup menggunakan aplikasi lainnya, silahkan abaikan langkah ini.




7. Flashing CyanogenMod ROM. Pilih Flash Update dari menu utama MAD Manager. Pada menu "SELECT PACKAGES", pilih "update.zip" kemudian cari file ROM CyanogenMod yang sebelumnya sudah didownload. Letaknya pada sdcard/madmanager/. Sedangkan untuk pilihan update.zip yang kedua cari file Google Apps yang juga sebelumnya sudah didownload.  




8. Jika Anda mengupgrade dari ROM CynogenMod 7, Froyo ataupun Eclair, silahkan centang pilihan Wipe Data. Jika Anda hanya mengupdate dari versi CynogenMod7 sebelumnya silahkan hanya mencentang plihan Wipe Dalvik Cache.



9. Pilih Flash update(s). Ponsel Android akan masuk ke menu recovery dan proses flashing akan berjalan secara otomatis.


10. Tunggu sampai proses flashing selesai. Selamat mencoba, salam droidser. :D


   
Catatan : Saya sudah mencoba proses flashing menggunakan MAD Manager di ponsel Galaxy 5 dan berhasil dengan sempurna tanpa ada masalah.


Referensi :
http://madteam.co
http://madteam.co/forum/





      


7 komentar:

Anonymous said...

tolong dong posting cara upgrade galaxy 5 cyanogen mod 9 ana denger denger udah ada updateanya,,

Unknown said...

@Anonymous : saya udah nyoba nda masih belum stabil. Kekuranganya batari boros, kemudian radio tidak bisa, aplikasinya agak berat ketika pertama dibuka.

Untuk upgrade ke Cyanogen 9 bisa menggunakan aplikasi MAD Mangernya caranya sama seperti di postingan ini.Pada langkah ke empat silahkan pilih ROM Cyanogen 9. Selanjutnya prosesnya juga sama. :D

blogmiring said...

sory gan,may tanya.
singkatnya ni aplikasi fungsinya sama ama odin ya???

Unknown said...

@wolfy : iya sama seperti odin tapi ini versi mobilenya jadi gak perlu pc lagi kalau mau flashing atau upgrade cusrom Cyanogen.

blogmiring said...

maaf gan,ane mau tanya.kenapa habis update kok telponnya gak bisa loudspeaker yach.......

hadinux nubie said...

Hmm sepertinya memang bisa bermasalah dengan loudspeakernya. Gak ingatalagi soalnya hehe. Udah lama gak ngoprek Android nih. Coba agan update ke ROM yang terbaru lagi sapa tau loudspekernya bisa.

Anonymous said...

proses flashingnya kaya apa ya? kok saya pas pilih flash update(s) ngereeboot abis itu muncul android system recovery tulisan warna bru dan kuning yg biru pilihannya reboot system,apply sdcard: update.zip,wipe data/factory reset, wipe cache partition. tolong dibantu

Post a Comment