Solusi Mengatasi Hilangnya Panel dan Unity Launcher



Pagi ini saya mendapat sms dari seorang teman yang isinya menanyakan solusi untuk mengatasi hilangnya launcher Unity pada Ubuntu 11.10. Berikut bunyi smsnya "Rif tadi abang coba-coba aplikasi CompizgConfig Setting Manager, sekarang desktopnya tidak ada apa-apa lagi cuman ada menu file, edit, view, go, boorkmark dan help. Gimana cara balikinya ya ?

Sebenarnya masalah diatas tidaklah terlalu serius, saya sendiri terhitung sudah dua kali mengalami masalah tersebut, mungkin bagi pengguna pemula sistem operasi Ubuntu akan sedikit kebingungan ketika mendapati masalah ini. Hilangnya panel dan Unity Launcher bisa terjadi akibat modifikasi Settingan pada CompizgConfig Setting Manager yang menyebabkan konflik antara beberapa plugin compiz sehingga Ubuntu Unity plugin terdisable dengan sendirinya.  

Jika Anda pengguna sistem Operasi Ubuntu 11.04 ataupun Ubuntu 11.10 secara tiba-tiba mengalami hilangnya panel dan launcher Unity, tidak perlu khawatir silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Pertama-tama silahkan login menggunakan pilihan Ubuntu 2D.



Selanjutnya buka CompizConfig Setting Manager > Desktop, kemudian ceklist pada Ubuntu Unity Plugin.



Restart mesin Ubuntu Anda. Kemudian pada saat muncul tampilan login pilih kembali login dengan mode Ubuntu. Sekarang Ubuntu Anda sudah normal kembali.



Semoga bermanfaat :-)

2 komentar:

Anonymous said...

terima kasih abang sangat membantu tutorialnya ^^

KangKamal said...

Punyaku malah hilang semua tampilannya om, gimana cara ngebaliinnya.>?? :(
masuk mode terminal bisa ALT+CTRL+F2 habs install compiz :(

Post a Comment