Install Driver ATi Radeon Xpress Series di Ubuntu Feisty

Bagi pecinta ubuntu dengan vga ATI mungkin sedikit agak dipusingkan dengan urusan driver ini.
Tapi gak papa deh biar bisa buat ngoprek he.....he.....
Setelah sebelumnya baca-baca dari forum Ubuntu dan hasil googling, akhirnya saya berhasil juga setelah dua minggu ngoprek he...he....capadeh

Pertama anda harus mencoba mengintall driver ati dengan
cara klik System--> Administrstion---> pilih Restricted Drivers Manager
kemudian Anda akan menjumpai menu Restricted Drivers seperti dibawah ini.



Selanjutnya anda tinggal menconteng kolom enable driver dan tunggu sampai selesai proses installasinya.(langkah ini harus terkoneksi dengan internet).

Atau anda dapat mencoba langkah2 berikut ini
1.Download driver fglrx 8.33.7 di https://a248.e.akamai.net/f/674/9206/0/www2.ati.com/drivers/linux/ati-driver-installer-8.33.7-x86.x86_64.run

2.Kalo sudah selesai tinggal eksekusi aja :
$sudo sh ati-driver-installer-8.33.6-x86.x86_64.run
Abis itu muncul tampilan dengan 2 pilihan :
a. Pertama pilih install driver 8.33.6 blablabla
b. Kedua Generate Distibution blablabla

3.Jalankan pilihan pertama sampai selesai.

4.Eksekusi lagi dengan perintah sama
$sudo sh ati-driver-installer-8.33.7-x86.x86_64.run
Sekarang pilih yang Generate Distribution. Setelah itu muncul pilihan distro linux yang dipake.Berhubung distro ubuntunya ngumpet, harus pake cara lain.
Jalankan $sudo sh ati-driver-installer-8.33.7-x86.x86_64.run buildpkg Ubuntu/feisty

5.Jika beruntung maka hasil generate paketnya menelorkan cucu-cucu sbb:
fglrx-control_8.33.7-1_i386.deb
fglrx-installer_8.33.7-1_i386.changes
fglrx-kernel-source_8.33.7-1_i386.deb
fglrx-sources_8.33.6-7_i386.deb
xorg-driver-fglrx_8.33.6-7_i386.deb
xorg-driver-fglrx-dev_8.33.6-7_i386.deb

Jika tidak berhasil coba deh install dulu linux-kernel-devel dengan synaptic.
Search aja disitu pasti muncul. Kemudian ulangi lagi langkah-langkah diatas.

6.Setelah berhasil install aja semua paket-paket diatas :
$sudo dpkg -i *.deb

7.Jalanin perintah
$aticonfig initial

8.Restart GDM dengan tekan aja bareng-bareng Ctrl + Alt + Backspace

9.Setelah itu sekaranglah saatnya melihat hasilnya sukses apa tidak, jalankan aja:
$fglrxinfo

dan hasilnya :

arifahadi@arifahadi-linuxer:~$ fglrxinfo
display: :0.0 screen: 0
OpenGL vendor string: ATI Technologies Inc.
OpenGL renderer string: Radeon XPRESS Series
OpenGL version string: 2.0.633 (8.34.8)

Oke deh .Ternyata Saya pake Ati Radeon XPRESS Series

Kalo drivernya masih mesa berarti belum berhasil.
Tapi jangan sedih dulu coba composite nya di-disable.
Untuk men-disable composite Edit /etc/X11/xorg.conf tambahkan berikut ini di baris terakhirnya :

Section "Extensions"
Option "Composite" "Disable"
EndSection

10.Reinstall linux-restricted-modules dengan synaptic.
Sedihnya gue juga nggak tahu kenapa harus diinstall ulang (Hasil Googgling hehehe).
Tapi setelah diinstall ulang akhirnya driverku bisa sukses dan jalan.

11.Jangan lupa restart GDM. Tekan aja Ctrl + Alt + Backspace


12.Check lagi deh berhasil apa tidak dengan fglrxinfo :
Nah sudah berhasil kan sekarang. Buat yang belum berhasil jangan lelah buat ngoprek terus ya.he....he....
dan jangan lupa baca aja panduan Ubuntu feisty


Tambahan aja buat liat seberapa keren vga kita check aja fps nya dengan :
$ glxgears
Kalo pengen liat tampilan 3d dengan :
$ fgl_glxgears

2 komentar:

kokok said...

kk aku mo tanya
di komputer ku
aku install beryl,compiz,ama compiz fusion

dah jadi
trus dah install driver vga

tapi ketika aku aktivin berylnya atau effect yang lain

selalu crash
semua window jadi gak ada tombol close,minimize,maximize
trus gak bisadi move dll

pokoknya gak muncul effect nya

ni gimana solusinya kk

Makasih :D

_hadi_ said...

hmmm boleh tau gak spek komputernya? dan jangan lupa klau bisa lpci nya juga ya he..he..
soalnya komputer dirumah pakek ATI Radeon tapi berylnya lancar2 aja tu he..he...

Post a Comment