Avant Window Navigator



Avant Window Navigator (AWN) adalah bar seperti dock Mac OS X untuk Linux, yang berada di bagian bawah layar desktop tapi juga dapat di pindah-pindah sesuai keinginan. Ini adalah aplikasi pihak ketiga yang berjalan di linux untuk memperindah tampilan Desktop.

Bagaimana menginstall Avant Window Navigator di Ubuntu Hardy?
Buka Terminal pilih Applications > Accessories > Terminal, ketik perintah berikut :

$sudo apt-get install avant-window-navigator

Setelah itu baru kita jalankan dari Applications > Accessories > Avant Window Navigator.

Untuk menambahkan shortcut aplikasi pada AWN, pilih System > Preferences > Awn Manager. Kemudian pada jendela Awn Mananger pilih Tab Launchers dan pilih Add, nantinya akan muncul Create Launcher isikan nama aplikasi beserta commandnya dan klik ok.



Beberapa pengaturan lainya terdapat pada tab General. Disini anda dapat mengatur tampilan dan beberapa settingan seperti Bar behavior dan Icon Effects.



Agar nantinya dapat dijalankan lansung secara otomatis pada saat Ubuntu Startup, maka kita perlu membuat startup program tersebut. Caranya pilih System > Preferences > Session, muncul jendela Sessions Preferences selanjutnya pada tab Startup Programs klik Add isikan AWN sebagai name dan avant-window-navigator pada kolom command, klik ok dan close.





Setelah selesai semua langkah di atas, restart ubuntu dan sekarang ubuntu anda akan keliatan lebih keren dari Mac OS :D. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment