Chromium Web Browser

Beberapa waktu yang lalu google telah berhasil menluncurkan browser terbaru yaitu Chrome. Menurut informasi browser ini memiliki kelebihan dalam kecepatan dan kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan aplikasi-aplikasi berbasis web. Memang browser yang masih dalam tahap pengembangan ini tampilan interfacenya sangat sederhana, setelah saya mencobanya di window ternyata memang lebih cepat, stabil dan ringan. Chrome yang diluncurkan saat ini masih versi beta wajar saja jika masih banyak kekurangan disana-disini. Dengan pengembangan yang masih dilakukan pihak Google mungkin suatu saat browser ini akan berkembang menjadi salah satu browser terbaik.

Tapi sangat di sayangkan pihak Google baru menyediakan installer Chrome untuk sistem operasi window. Bagaimana Anda yang menggunakan linux dan ingin mencoba menjalankan Chrome di linux? Telah banyak artikel yang membahas dan menjelaskan tentang Instalasi Chrome di Linux menggunakan Wine. Karena saya pencinta Ubuntu :D jadi pernah juga mencoba installasi Chrome di ubuntu menggunakan Wine, memang agak sedikit merepotkan instalasinya.




Sekarang anda tidak perlu bersusah payah lagi karena baru baru ini pihak Codeweavers telah meluncurkan paket instalasi untuk menjalankan Chrome untuk linux dan Mac. Aplikasi ini bernama CrossOver Chromium.
Chromium merupakan proyek web browser open source hasil memodifikasi source code miliknya browser Google Chrome dan dipaketkan oleh pihak codewaever menjadi CrossOverChromium. Pihak Google sendiri sampai saat ini blum menyediakan Chrome untuk linux. Jadi kita tunggu saja beritanya :D.

Untuk menginstall chromium di Linux, langkah pertama kita terlebih dahulu harus mendownload paket DEBnya cxchromium di http://www.codeweavers.com/services/ports/chromium

Untuk menginstallnya klik kanan pilih Open with “Gdebi Package Installer”.
Kemudian itu muncul jendela Package Installer – cxchromium pada bagian kanan klik Install Package.



Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Menjalankannya pilih Applications > CrossOverChromium > Chromium



Sedikit informasi, setelah saya mencoba menggunakan chromium ternyata browser ini sering crash mungkin karena chromium masih dalam tahap pengembangan.



Referensi :m

http://tombuntu.com/index.php/2008/09/17/codeweavers-releases-chrome-package-for-linux/

0 komentar:

Post a Comment