Memutar Film Bersubtitle Dengan Totem Movie Player

Kemarin sore ada seorang teman yang ingin memutar file film yang telah di downloadnya dari internet. Kemudian file film tersebut dijalankan dengan Totem, biasanya teman-teman memutar film-film dengan menggunakan VLC Media Player, kebetulan pada PC yang digunakan belum terinstall Totem. Oleh karena itu, dia mencoba menggunakan player bawaan ubuntu yaitu Totem Movie Player. Setelah di jalankan, filmnya tampil dengan baik tapi ada sedikit masalah yaitu subtitlenya tidak muncul. Tidak seperti biasanya jika menggunakan VLC subtitlenya lansung muncul. Padahal file film yang telah di download tersebut lengkap dengan file subtiltle yang berekstensi .SRT. Mengapa Player Totem tidak bisa secara otomatis meload subtiltle yang ada? Hal ini karena fungsi load subtitlenya blum diaktifkan.

Jika anda gemar menonton film, bisa dipastikan anda akan sering membeli film-film keluaran terbaru ataupun mendownloadnya di internet. Film-film yang beredar saat ini pada umumnya dalam kepingan DVD. Pada era bekembangnya DVD, kita dapat menonton film dengan subtitle dari berbagai bahasa, baik itu bahasa Indonesia, Inggris, dan lainnya. Didalam sebuah kepingan DVD film sudah dipaketkan dengan file subtitle, jadi ketika menonton anda tinggal memilih subtitle mana yang ingin digunakan. Biasanya file subtitle berekstensi .SRT. File ini berisi kumpulan text lengkap dengan tag waktu yang nantinya akan di load pada saat film di putar oleh pemutar film tersebut.


Jadi berbahagialah jika anda adalah pengguna Linux karena umumnya pemutar film di Linux langsung mengenali file berekstensi .SRT tersebut sebagai file subtitle dan akan ditampilkan di layar. Saratnya supaya dapat ditampilkan di layar, kita harus memastikan nama file film dan file subtitle harus sama, tapi untuk ekstensinya tetap berbeda. Sarat ini berlaku bagi anda yang mendapatkan film dari mendownload di internet, karena beberapa film tidak menyertakan file subtitlenya jadi kita harus mendownloadnya secara terpisah.

Untuk mengatasi agar subtile dapat otomatis di load pada saat film di putar, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini :

Pertama buka Totem Movie Player
Pilih Applications > Sound & Video > Movie Player



Selanjutnya pilih menu Edit > Preferences



Dan setelah itu pada tab General cari “Text Subtitles”,
beri tanda centang pada kotak "Automaticaly load subtitle files when movie is loaded"
kemudian klik close.



Catatan : semua file yang berhubungan dengan film tersebut pastikan dalam satu folder agar nantinya dapat di load oleh Totem Movie Player. Jika anda ingin menonton langsung dari kepingan DVD sebaiknya mengunakan pemutar yang lebih powerfull yaitu VLC Player.

0 komentar:

Post a Comment