Installasi ATI driver dengan EnvyNG

Seperti kita ketahui pada situs resminya, VGA card ATI memang blum sepenuhnya support terhadap linux terlebih lagi untuk keperluan Desktop Efek. Tapi anda tidak perlu khwatir dengan petunjuk dari beberapa forum di internet atau merujuk lansung ke situs https://help.ubuntu.com/community/BinaryDriverHowto/ATI, anda akan dapat meng-instalasi driver ATI dengan baik.

Kemarin sore saya dimintakan seorang teman untuk meng-enablekan Compiz Fusion pada Ubuntu Hardy, dengan senang hati mengatakan kita coba dulu karena saya blum tau pasti spesifikasi Notebooknya. Setelah melihat Notebooknya bermerk MSI-S41 dan ternyata VGA cardnya ATI Radeon Express 200M, sama persis seperti yang saya gunakan.(Notebook X-Ware)
Seperti yang saya pernah lakukan, untuk menginstal driver ATI ini kita dapat langsung pilih menu System>Administration>Hardware Drivers.


Kemudian muncul jendela Hardware Drivers, pada Component-Divice driver, centang ATI accelerated graphics driver sehingga proses instalasi driver berjalan dengan sendirinya. Pada awalnya statusnya masih not in use, setelah proses tadi selesai restart ubuntu dan nantinya statusnya akan berubah menjadi In use.

Setelah proses ini selesai maka sebenarnya kita sudah dapat meng-enablekan Compiz Fusion bawaan Ubuntu. Pilih menu System > Preferences > Apearance. Setelah tampil jendela Apearance, pindah ke Tab Visual Effects, lalu pilih Extra. Pada saat ada tampilan konfirmasi pilih saja Keep settings, untuk menyimpan perubahan yang telah kita pilih.



Tapi apa yang terjadi kemudian setelah saya mencoba langkah-langkah diatas, setelah restart Notebooknya langsung menjadi Blank dan tidak bisa login lagi ke ubuntu. Awalnya saya sempat bingung, tapi untung masih bisa masuk ke mode recovery, pilih fix xserver dan resume. Akhirnya berhasil login ke ubuntu. Kemudian saya mencoba Visual Effects, tapi sangat disayangkan setelah memilih salah satu pilihan, eh malah keluar pesan “Desktop could not enable”. Setelah beberapa kali mencoba selalu saja gagal.

Dalam hati saya berkata ada baiknya mencoba software EnvyNG , mungkin saja berhasil. Ya setelah mencoba ternyata berhasil juga. Perlu diketahui EnvyNG merupakan software pembantu untuk mempermudah instalasi Driver VGA card khusus ATI dan NVIDIA, tapi lagi-lagi anda perlu terkoneksi lansung dengan internet.

Berikut langkah-langkah install EnvyNG:

Pertama, buka Terminal dan jalankan perintah berikut untuk meng-install paket-paket yang diperlukan.
-----------------------------------
sudo apt-get install envyng-core
-----------------------------------
sudo apt-get isntall envyng-gtk
-----------------------------------
atau anda juga dapat menggunakan Synaptic.



Selanjutnya, buka Applications > System Tools > EnvyNG.
Pada Tab Main pilih - Install the ATI driver (Automatic Hardware Detection) dan klik Apply. Setelah proses instalasi selesai, silahkan reboot Ubuntu.



Sekarang Anda bisa kembali mengikuti langkah selanjutnya, pilih menu System > Preferences > Apearance. Setelah tampil jendela Apearance, pada Tab Visual Effects, lalu pilih Extra.
Semoga tidak bermasalah :D, selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment