Berselancar Internet menggunakan Nokia N73 di Ubuntu Hardy

Dewasa ini kebutuhan akan akses internet bukanlah hal yang sulit lagi bagi sebagian orang yang mempunyai mobilitas tinggi. Dengan kecanggihan teknologi, akses internet menjadi sangat mudah untuk bisa di peroleh. Bayangkan saja hanya dengan sebuah hanphone Anda bisa melakukan aktivitas internet seperti; membaca dan mengirim email, menulis blog, chatting serta hal lainnya, kapan dan dimanapun Anda berada. Kini dengan menggabungkan antara Personal Computer (PC) dan Handphone (HP) kita sudah bisa merasakan akan kemudahan menggunakan intenet mobile.

Kemarin siang, tepatnya selepas pulang kuliah saya dimintai oleh seorang dosen untuk mengajarkan bagimana cara mengkoneksikan internet dengan menggunakan HP Nokia N73 di Windows. Sebenarnya saya sedikit malas berbicara tentang windows tapi karena alasan ingin berbagi informasi saya tetap semangat dan dengan senang hati, jarang-jarang ada kesempatan untuk mencoba Hp Nokia N73 . Setelah beberapa saat dan akhirnya berhasil mengkoneksikan modem tersebut di windows, kemudian saya sangat berkeinginan untuk mencobanya di ubuntu. Bagaimana kalau di coba di ubuntu, bisa tidak ya? dan Apakah semudah di windows? "Dalam hati saya berkata"

Pada saat itu saya dan dosen sedang berada di Lab Komputer yang kebetulan di PC telah terinstall dua sistem operasi yaitu Windows dan ubuntu Hardy. Setelah mendapat izin akhirnya saya mencoba menggunakan N73 untuk koneksi internet di Ubuntu. Awalnya saya menggunakanWammuuntuk configurasi N73 tersebut, kemudian sedikit bigung sendiri, memang aplikasi phone manager ini sepertinya sudah mendeteksi N73 tetapi dengan menu interfacenya yang banyak, justru membuat saya tambah bingung. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba menggunakan GNOME PPP yang lebih sederhana dan ternyata berhasil dengan sempurna konek ke internet. Dengan Gnome-PPP kita dapat dengan mudah menconfigurasi N73 sehingga bisa konek ke internet, bahkan bisa dibilang lebih mudah dari pada konfigurasi di windows.
Ok tidak perlu berlama-lama he..he..

Berikut ini beberapa langkah menggunakan Gnome-PPP agar dapat konek ke internet:
Sebelumnya pastikan sisa pulsa Anda mencukupi untuk koneksi internet nantinya. Selanjut cek terlebih dahulu apakah modem sudah di deteksi oleh ubuntu atau belum dengan mengetikkan perintah berikut di Terminal:
lsusb

hasilnya ternyata N73 sudah terdeteksi oleh Ubuntu Hardy.



Jika pada ubuntu Anda belum terinstall Gnome-PPP, ketikan perintah berikut pada terminal untuk menginstallnya :

sudo apt-get install gnome-ppp

Kemudian Jalankan Gnome-ppp, pilih Applications > Internet > GNOME PPP

Pilih Setup, untuk pengaturan lebih lanjut.



klik Detect, untuk mengetahui modem sudah terpasang atau blum dan close. Disini modem terdeteksi pada device /dev/ttyACM0



Masukkan Username,Password, dan Phone Numbernya.



kebetulan saya menggunakan layanan operator telkomsel, untuk penggunaan operator lain silahkan datang langsung ke grapari terdekat atau tanyak mbah google untuk informasi lebih jelas

Khusus pelanggan telkomsel settingannya seperti berikut:

Username : wap
Password : wap123
Phone Number :*99#

Klik Connect, dan tunggu beberapa menit sampai proses dialing selesai.

Modem telah terkoneksi, untuk memutuskan koneksi klik Disconnect



Silahkan berinternet ria sesukanya tapi ingat pulsa Anda jalan terus hehe

Sebelummnya saya ucapkan terima kasih banyak kepada dosen saya, karena telah bersedia meminjamkan HP dan pulsanya


2 komentar:

Anonymous said...

itu pakai kartu apa

hadinux blog said...

@anonymous-pada saat itu saya menggunakan kartu as.

Post a Comment