Menghadirkan Media Center di Ubuntu

Perkembangan bidang komputerisasi saat ini melaju pesat hal ini dapat kita lihat dengan munculnya hardware dan software baru setiap tahunnya. Begitu juga di bidang software aplikasi khususnya multimedia tidak ketinggalan. Kini kita dapat mengabungkan unsur hiburan yaitu TV, film, musik, internet dan lainnya dalam sebuah Komputer. Tentunya hal ini baru bisa kita wujudkan dengan bantuan sebuah software yang mampu menggabungkan kesemuanya. Bagi pengguna Window$ mungkin sudah dari dulu bisa menikmati kecanggihan ini dengan Window$ XP Media Centernya. Namun bagi pengguna Linux harus menunggu sekian lama hingga akhirnya dapat juga merasakan gabungan beberapa unsur tadi layaknya sebuah media center.

Kini bagi Anda pengguna linux khususnya Ubuntu sudah dapat menyatukan semua unsur hiburan ke dalam mesin linux Anda dengan bantuan Software XBMC Media Center. XBMC Media Center merupakan adalah satu software open surce multi media player dan hiburan center untuk semua media digital.
XBMC merupakan software cross-platform yang tersedia untuk Linux, Mac OS X, Ms Windows dan juga untuk konsol game Xbox. XBMC telah mendukung memainkan file dari audio, video dan gambar format. Dengan bantuan aplikasi ini kita dapat mengatur semua media anda baik itu audio, video gambar lebih cepat dan mudah.

Untuk menginstallnya di Ubuntu Hardy ikuti langkah berikut :

Pertama tambahkan Sourcelist repository XBMC berikut ini :

deb http://ppa.launchpad.net/team-xbmc-hardy/ubuntu hardy main
deb-src http://ppa.launchpad.net/team-xbmc-hardy/ubuntu hardy main



Buka System > Administration > Software Sources. pilih Tab Third-Party Software dan klik Add.Setelah muncul APT line, isi kan sourcelist dibawah dan klik Add Source.



Setelah itu close Sotfware Source dan selanjutnya pilih reload, nantinya ubuntu akan mengupdate sourcelist tersebut.

Install xbmc media center.


Untuk langkah ini Anda bisa menggunakan dua cara :

1. Melalui Synaptic Package Manager, pilih Search ketikan xbmc setelah itu Mark for Installation.

2. Melalui terminal dengan mengetikkan perintah berikut ini :

sudo apt-get install xbmc xbmc-skin-*


Sekarang Anda bisa menjalankan XBMC dari Applications > Sound & Video > XBMC Media Center

Sebenarnya selain XBMC Media Center, ada aplikasi lainnya yang tidak jauh berbeda fungsinya sebagai media center yaitu Elisa Media Center.

Silahkan lihat preview video kedua media center tersebut.


XBMC Media Center


Elisa Media Center

Referensi :
http://www.howtoforge.com/installing-xbmc-on-ubuntu-8.04

0 komentar:

Post a Comment