Force Quit : Tutup Secara Paksa Aplikasi yang Crash di Ubuntu

Saat ini ada beberapa sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna komputer diseluruh dunia. Diantara sistem operasi tersebut yang terkenal adalah Windows, Mac dan Linux. Semua sistem operasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak bisa dipungkiri baik itu Windows, Mac dan Linux masih saja bermasalah atau crash ketika kita menjalankan aplikasi secara bersamaan ataupun hal lainnya yang menyebabkan suatu aplikasi tidak responsif. Akan tetapi masing-masing sistem operasi tersebut mempunyai tools tersendiri untuk mengatasi ketika aplikasi tidak responsif secara tiba-tiba.

Bagi Anda yang terbiasa dengan Windows mungkin akan membuka TaskManager ketika aplikasi not responding dengan menekan Ctrl-Alt-Del kemudian klik End Task dengan sendirinya aplikasi yang crash akan tertutup. Bagaimana dengan Anda yang baru bermigrasi ke Linux khususnya ubuntu ? Tidak perlu khawatir untuk mengatasi hal yang satu ini, kini Ubuntu semakin mudah saja dengan tampilan GUI-nya. Sebenarnya di Ubuntu sendiri ada tiga solusi untuk mengatasi hal ini :
(1) Menggunakan Force Quit
(2) Menggunakan System Monitor dan
(3) Menggunakan Terminal
Tapi pada kesempatan ini saya hanya akan menjelaskan solusi menggunakan Force Quit, karena menurut hemat saya solusi ini paling mudah di praktekkan oleh pengguna baru ubuntu.

Jika Suatu saat Anda menjalankan sebuah aplikasi secara bersamaan, kemudian tiba-tiba saja aplikasi tersebut tidak responsif alias diam tak bereaksi maka untuk memaksa menutupnya Anda dapat menggunakan Force Quit. Force Quit merupakan tool bawaan ubuntu yang berfungsi untuk memaksa mematikan aplikasi yang tidak responsif.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Force Quit ;

Terlebih dahulu kita harus menambahkan Force Quit pada Panel Bar.



Klik kanan pada Panel Bar, pilih pilih Add to Panel



Setelah itu muncul Jendela Add to Panel, carilah Force Quit klik Add kemudian Close.



Selanjutnya, apabila ada aplikasi yang crash untuk menghentikannya, cukup klik icon Force Quit dan kursor mouse Anda akan berubah menjadi lambang plus (+). Pada tanda ini, klik pada aplikasi yang Anda ingin stop atau tutup secara paksa. Jika ingin membatalkannya tekan Esc.



Saat kita mengklik aplikasi yang crass, nantinya akan muncul kotak dialog Force this application to exit? kemudian klik Force Quit maka aplikasi tersebut akan tertutup dengan sendirinya.



Selesai semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment