Pidgin Versi 2.5.2 di Ubuntu Hardy

Pidgin adalah sebuah program Instan Messenger yang dipaketkan secara default di Linux. Anda dapat berbincang-bincang dengan teman Anda menggunakan AIM, ICQ, Jabber/XMPP, MSN Messenger, Yahoo!, Bonjour, Gadu-Gadu, IRC, Novell Group Wise Messenger, QQ, Lotus Sametime, SILC, SIMPLE, MySpaceIM, dan Zephyr. Dengan Pidgin Anda dapat login ke beberapa account pada beberapa jaringan IM(Instan Messenger) secara bersamaan. Ini berarti Anda dapat chatting dengan teman-teman di AIM, Yahoo Messenger, dan IRC pada saat yang bersamaan.

Pidgin kini telah mendukung banyak fitur dari berbagai protokol jaringan, seperti transfer file, meninggalkan pesan, ketikkan pemberitahuan dan masih banyak lainnya. Apa yang baru pada Pidgin? Pada versi 2.5.2 ini pihak pengembang telah memperbaiki beberapa kekurangan yang terdapat pada libpurple, pidgin, Finch, protokol XMPP, dan Yahoo. Silahkan download disini jika pidgin 2.5.2 belum tersedia di repo Anda.

Ada beberapa plugins tambahan yang dapat anda install ke dalam pidgin sehingga membuat IM ini menjadi lebih powerfull:D. Plugin-plugin tersebut antara lain :

- pidgin-guifications
Guifications adalah plugin jendela pemberitahuan status aktifitas chating, seperti pada MSN, Yahoo Messenger.




- pidgin-musictracker
Musictracker adalah plugin untuk menampilkan trek musik yang sedang Anda putar pada status IM. Plugin ini support terhadap beberapa media player seperti Amarok, Audacious, Banshee, Exaile, Rhythmbox dan XMMS



- pidgin-facebook
Merupakan plugin IM Facebook untuk pidgin dan libpurple. Silahkan download disini




- pidgin-plugin-pack
PluginPack merupakan beberapa plugin sederhana yang bermanfaat pada pidgin.

- pidgin-themes
Merupakan koleksi beberapa tema smiley untuk pidgin.



Untuk menginstall semua plugin tersebut buka System > Administration > Synaptic Package Manager, pilih Search kemudian carilah plugin-plugin tersebut di atas kemudian pilih Mark for Installation. Untuk plugin hasil download harus diinstall terpisah.

Berikut salah satu screenshotnya.



Untuk mengaktifkan plugin tersebut masuk ke menu Tools > Plugins pada Pidgin, Kemudian beri tanda contreng pada plugin yang ingin diaktifkan.




Salah satu fitur yang sampai saat ini blum tersedia di Pidgin yaitu plugin untuk menjalankan webcam secara lansung layaknya kopete. Karena Pidgin masih terus di kembangkan kita tunggu saja fitur-fitur yang baru pada rilis edisi yang akan datang.

7 komentar:

Anonymous said...

Hebatnya linux, bisa chat kemana saja. Tapi saya ngak ada os linux.

hadinux said...

he.he.. iya tapi banyak orang blum pada tau :D. oh klau mau dapat OS linux datang aja ke markas KLPI-ACEH tinggal bawa CD Blank, mau OS Linux apa tinggal pilih kita burn nanti :D

Anonymous said...

makasih mas atas tutorialnya ... baru tau saya pidgin bisa kayak YM ... :D

Anonymous said...

mas,cara installnya gmn mas?
tlngin dunk nampilin cara installnya ...

Anonymous said...

untuk audacious kok gak support mas?
bisa di perjelas gak mas? :D

arifahadi said...

ok akan saya upload kesini :) , klau untuk audacios supaya bisa support kita harus menginstall lagi plugin pidgin-audacious.

hadinux said...

kalau masih ada masalah silahkan mampir kesini lagi :D

Post a Comment