BINTEK SDM Komunikasi Informasi di Kota Sabang


Beberapa hari yang lalu Dinas INFOKOM dan PDE Kota Sabang telah mengadakan Pelatihan (Bimbingan Teknis) BINTEK SDM Komunikasi Informasi dengan Tema "Dengan BINTEK Open Office Kita Optimalkan Penggunaan Software Open Source dilingkungan Pemerintah Kota Sabang" yang bertempat di Aula kantor Infokom. Kegiatan tersebut dijadwalkan berlansung sejak tanggal 19 s.d 27 November 2008. Pelatihan terbagi menjadi beberapa materi antara lain :
1. BINTEK Pengenalan Linux Ubuntu
2. BINTEK OpenOffice
3. BINTEK Internet berbasis Linux Ubuntu
Masing-masing materi di jadwalkan selama 3 hari dengan materi praktek dan teori.


Kegiatan BINTEK menggunakan Linux ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Kota Sabang. Peserta pada BINTEK ini berjumlah 20 orang terdiri dari utusan beberapa instansi pemerintahan di Lingkungan Kota Sabang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini juga sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan di karenakan linux merupakan hal yang baru bagi peserta. Kegiatan ini sepenuhnya di biayai oleh Dinas Infokom dan PDE kota Sabang serta bekerja sama dengan KPLI-Aceh sebagai instruktur pada BINTEK tersebut. Pada kesempatan itu saya juga berkontribusi sebagai instruktur menyampaikan materi Pengenalan Linux Ubuntu dan beberapa rekan lainnya.

Kegiatan-kegiatan seperti ini perlu digalakkan di berbagai daerah lain di NAD untuk lebih mensosialisasi penggunaan Software Free dan Opensource di lingkungan pemerintahan, apalagi dengan dukungan Pemerintah NAD melalui komitment Gubernur beberapa waktu lalu yang mengatakan Aceh siap bermigrasi ke Open Source Software. Dengan menggunakan linux tentunya kita dapat menghemat pengeluaran daerah untuk membeli lisensi software-software legal dan dapat mengurangi pelanggaran hak cipta terhadap penggunaan software bajakan serta terhidar dari berbagai macam virus yang selama ini menjadi permasalahan di berbagai instansi pemerintahan.








0 komentar:

Post a Comment