Suksesnya Indonesia Linux Conference (ILC) Bali 2008


Indonesia Linux Conference merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilakukan oleh komunitas pengguna Linux di seluruh Indonesia. Pertama kali ILC diadakan pada tahun 2006 yang bertempat di kota Surabaya, kemudian dilanjutkan dengan tahun 2007 yang bertempat di kota Yogyakarta.

Latar belakang diadakannya Indonesia Linux Conference ini adalah sebagai ajang berkumpul bagi pengguna Linux di Indonesia untuk dapat bertukar pikiran antar pengguna Linux di satu daerah dengan pengguna Linux di daerah lain. Dengan diskusi ini diharapkan dapat menemukan langkah-langkah tepat yang dapat dilakukan untuk memajukan Linux di Indonesia. Selain itu juga merupakan wadah bagi pengguna Linux dari daerah-daerah di Indonesia untuk dapat berbagi dan bertukar pengalaman bagaimana mereka telah mengembangkan Linux di daerah mereka masing-masing. Sehingga diharapkan peserta konferensi ini dapat belajar satu sama lain dan dapat mengaplikasikan gagasan yang telah mereka dapatkan dalam event ILC 2008 ini.

Sedikit cerita ILC di bali. Pada Tanggal 09 November 2008 yang lalu, telah terselenggara acara tahunan pertemuan KPLI dan Komunitas Opensource yang ketiga. Tema ILC kali ini adalah ” Senang, Aman dan Nyaman dengan Linux “. Pada kesempatan itu saya juga ikut serta sebagai perwakilan KPLI-ACEH. Acara diawali dengan pemberian kata sambutan dan pembacaan laporan KPLI Yogyakarta mengenai hasil Laporan ILC 2007, serta sambutan dari AWALI(Asosiasi Warnet Linux & Open Source Indonesia) kemudian dilanjutkan diskusi panel dengan narasumber antara lain;
1. Ibu Ir.Lolly Amalia Abdullah Msc (Perwakilan Depkominfo)
2. Ibu Betti (Ketua AOSI)
3. Dosen UNUD
4. Pak Rusmanto sebagai moderator.


Topik yang dibicarakan pada acara tersebut yaitu “Development aplikasi linux desktop dalam lingkungan pemerintah, pendidikan dan koorporasi”. ILC 2008 diakhiri dengan diskusi internal antara KPLI dan Komunitas Opensource yang membicarakan mengenai prioritas kegiatan KPLI dan komunitas Opensource ke depan terhadap beberapa bidang yaitu pendidikan, pemerintahan, bisnis, dan publik. Semoga pengembangan Linux selanjutnya oleh KPLI akan mendapat dukungan lebih dari pemerintah. Acara ILC 2008 ini tergolong sukses dengan banyaknya acara yang diselenggarakan oleh panitia seperti Lomba Blogging dan Lomba Hacking. Semoga tahun depan lebih baik baik lagi. Pada kesempatan KPLI meeting hari itu disepakati bahwa ILC 2009 akan bertempat di Makasar. Go to Makasar he..he..

Para Panelis




Peserta ILC


Panitia ILC 2008


2 komentar:

jafis said...

wahhh..dapet foto panitia dari mana nehhh..heheh

*semoga Opensource di Aceh tambanh maju

Anonymous said...

@jafis
he..he... ada deh :D
yup sama semoga OpenSource di palembang makin maju aja dengan hasil revolusi ini :D

Post a Comment