Pencarian Cepat dengan Tracker Search Tool

Bagi Anda yang sebelumnya menggunakan Windows pasti sering menggunakan fitur yang satu ini yaitu "Search". Jika Anda pengguna Ubuntu tidak perlu khawatir, fitur yang satu ini sudah secara default terdapat pada Ubuntu dengan nama Tracker Search Tool. Tracker Search Tool merupakan alat pencarian khusus dan sistem penyimpanan yang memungkinkan pengguna Ubuntu untuk melakukan pencarian dan meningkatkan data pribadinya dengan mudah. Tracker Search Tool juga menjadi pemecahan masalah bagi manajemen file, penyimpanan, dan kategorisasi data-data.

Tool ini sangat membantu kita dalam menemukan dan mencari file-file yang kita perlukan secara cepat. Terkadang karena kurang baik dalam memanajemen file dan folder yang ada di komputer, membuat kita menjadi repot ketika hendak mencari file yang diinginkan. Dengan bantuan Tracker Search Tool kita dapat menemukan file tersebut dengan mudah walaupun kita tidak mengetahui lokasi penyimpanannya pada komputer kita.

Ketika kita selesai menginstall Ubuntu, fungsi Tracker Search Tool sebenarnya belum lansung aktif, oleh karena itu kita harus terlebih dahulu mengaktifkannya agar dapat berfungsi mencari file-file yang kita inginkan nantinya.
Untuk mengaktifkannya, ikuti beberapa langkah dibawah ini :

1. Pilih menu System > Preferences > Search and Indexing.


2. Pada Jendela Tracker Preferences,
bagian General centang Enable Indexing dan Enable Watching.



Jika diminta untuk merestart Daemon Tracker, klik saja tombol Restart. Kemudian klik ok



Setelah merestart Daemon Tracker nantinya Anda akan menjumpai ikon berlambang luv pada bagian system notification.



Silahkan tunggu sampai proses indexing file-file di dalam komputer Anda selesai. Selanjutnya Anda dapat melakukan pencarian file melalui Applications > Accessories > Tracker Search Tool.



Untuk pengaturan kecepatan pencarian silahkan masuk ke Tab Performance.



Untuk penambahan partisi atau direktori pencarian silahkan masuk ke Tab Files, Kemudian pada bagian Watchs Directories pilih Add untuk menambahkan partisi atau direkori yang Anda inginkan ke dalam Tool Seacrh Tracker.




Referensi :

http://live.gnome.org/Tracker
http://debuntutorial.blogspot.com/search/label/Office

3 komentar:

Catatan Kuliah said...

tes...tes

dias said...

~x( 8-}

Anonymous said...

nambah sedikit boss, sebelumnya intall dulu tracker, soalnya di kompiku tracker tidak terinstal secara default

Post a Comment