Putar Music Sekaligus Liriknya Dengan Rhythambox

Mendengarkan musik bagi sebagian orang merupakan sebuah hobi tersendiri. Begitu juga dengan saya, sambil bekerja ditemani oleh musik-musik yang enak didengar rasanya seperti menambah semangat untuk lebih dalam beraktifitas. Ada sebagian orang yang hanya mendengarkan musik saja tanpa memperdulikan ada tidaknya lirik musik tersebut. Sebagian yang lain malah sangat membutuhkan lirik suatu musik dengan berbagai alasan seperti untuk mudah dihafal, belajar memahami bahasa asing dan lainnya.

Jika Anda suka menyanyi tentunya Anda akan sangat membutuhkan lirik-lirik musik, agar Anda bisa menyanyikan sebuah lagu dengan baik dan lebih mudah. Saat ini, dengan menggunakan aplikasi pemutar musik di Ubuntu Anda dapat dengan mudah mendapatkan lirik musik dengan mudah dan cepat. Untuk bisa mendapatkan lirik-lirik musik yang diinginkan Anda terlebih dahulu harus terkoneksi dengan internet :D, jika tidak Anda tidak dapat menggunakan plugin yang tersedia pada player music Rhythambox. Rhythambox merupakan player musik di Ubuntu yang memudahkan kita untuk memutar musik dan memanajemennya dengan baik.


Agar dapat menjalankan fungsi pencarian lirik di Internet telebih dahulu Anda harus mengaktifkan plugin Songs Lyrics. Untuk mengaktifkan fitur tersebut ikutilah beberapa lankah dibawah ini :

Pertama yang harus dilakukan adalah putar musik yang Anda inginkan dengan menggunakan player musik Rhythambox. Pilih Applicaaations > Sound & Video > Rhythambox Music Player.

Kemudian pada Rhythambox pilih Music > Import file atau folder, temukan dimana Anda meletakkan file-file musik Anda.

Selanjutnya pilih Edit > plugins



Nantinya akan muncul jendela Configure Plugins, lalu klik Enable pada Songs Lyrics dan Close.



Jika Anda menginginkan pengaturan lebih jauh, setelah klik Enable pada Songs Lyrics lalu pilih Configure yang teletak di sebelah kanan plugins tersebut.



Setelah aktif plugin Songs Lyrics, skarang Anda telah dapat memutar music bersamaan dengan liriknya. Untuk menampilkan lirik disebelah Rhythambox klik shortcut (Ctrl+L).



Selamat mencoba, semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang suka musik :D

2 komentar:

entry said...

assalamualaikum,

maju terus arif, dengan linux ubuntu-nya :D

Anonymous said...

walaikumsalam, yup mari :D makasih ni atas motivasinya heheh :D

Post a Comment