Mengoptimalkan Resolusi Layar Notebook dengan VGA Display Adapter [SIS] 771/671 di Ubuntu

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi kenyamanan tampilan pada komputer yang kita gunakan adalah resolusi dari layar.Semakin tinggi resolusi, semakin baik dan semakin tajam tampilan yang dihasilkan. Namun hal ini semuanya ditentukan oleh jumlah memori dari kartu grafis dan juga besar fisik layar yang di gunakan.

Pada defaultnya Ubuntu akan menyediakan beberapa pilihan untuk resolusi layar antara lain: 640 x480, 800 x600 dan 1024 x768 pixel.




Khusus untuk kasus yang terjadi pada saat saya mengginstall Ubuntu di Notebook Zyrex, resolusi layarnya hanya terdapat dua pilihan yaitu:

640 x 480 pixel
800 x 500 pixel

Untuk mengetahui chipset apa yang tertanam dala Notebook Anda ketikkan perintah lspci pada terminal dengan membuka menu Aplication > Accessories > Terminal.


Tentunya hal ini sangat mengangu kenyamanan dalam mengunakan Ubuntu. Setelah mencari-cari di Google akhirnya saya menemukan sebuah forum yang memberikan solusi untuk mengoptimalkan resolusi VGA Display Adapter chipset SIS 771/671. Pada forum tersebut di jelaskan, agar Anda dapat memaksimalkan penggunaan VGA-nya maka Anda memerlukan tambahan patch VGA SIS 771/671.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan patch tersebut :

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload patch VGA-nya disini

selanjutnya masuk ke folder tersebut melalui terminal dan ketikan baris perintah seperti dibawah ini :

Perintah 1:

cd PatchVGASIS
$ sudo chmod +x sis_vga_drv_161208-Ubuntu810.run
$ sudo ./sis_vga_drv_161208-Ubuntu810.run


Perintah 2:

$ sudo dpkg -i xserver-video-sis671_ubuntu8.10-1_i386.deb

Setelah itu restart Ubuntu Anda komputer secara otomatis akan mengunakan resolusi layar paling tinggi. Untuk mengatur dan mengetahui resolusi yang digunakan pilih menu System > Screen Resolution.


Referensi :
http://forum.securehacklink.org


10 komentar:

Anonymous said...

akhirnya berhasil juga nih ;;) makasih ya :D

Anonymous said...

manteb banget artikelnya,aku gak perlu pusing pusing lai, obama(oke banget mass) trimsss

doumy said...

kalo ubuntu 9.04
gmana?

dedy said...

kalau untuk linuxmint7 bagaimana , tolong bantuanya masalhnya saya coba menjalankan demo dari mint7 layar menjadi blank

Lampoh Vitual said...

Berarti Linuxmint7 belum support VGA laptop atau komputernya :D karena kurang jelas informasi spesikisi laptopnya jadinya gak bisa kasih solusinya yang maksimal nih. Mungkin solusi artikel ini sedikit bisa membantu http://hadinux.blogspot.com/2009/05/install-linux-mint-7-pada-personal.html jangan lupa pada bagian komentnya disitu ada yang udah pernah mencoba dan memberikan solusinya mungkin aja speknya sama :)

dedy said...

saya install di axio neon mnc

dedy said...

LM7 saya instal di laptop axio neon mnc, waktu mau coba menjalankan demo kok layar blank, saya instal langsung hasilnya juga demikian tolong bantuanya makasih sebelumnya

Lampoh Vitual said...

Untuk laptop buatan indonesia sering bermasalah ketika ingin menginstall Ubuntu. Hal ini dikarenakan VGA SIS yang dibundel oleh berberapa laptop buatan Indonesia. Sampai saat ini Ubuntu masih belum tersedia driver bawaan untuk VGA tersebut jadi terkadang ketika kita hendak menginstall Ubuntu akan muncul blank seperti yang Anda alami. Jadi solusinya untuk masalah ini silahkan menggunakan CD Ubuntu alternate.

Anonymous said...

Ubuntu klo nyari TERMINAL d WINDOWS 7 d mna?

hadinux said...

@Anonymous : saya kurang mengerti maksud dari pertanyaan ini "Ubuntu klo nyari Terminal d Windows 7 d mna ?"

Pada sistem Operasi Windows tidak ada terminal istilah terminal yang ada CommandPromt yang fungsinya mirip seperti terminal yang hanya ada pada sistem operasi Linux. Jika yang Anda maksud adalah Command Promt ada bisa mengaksesnya melalui Menu Start > Run > ketikan cmd kemudian Enter.

Post a Comment