Mudahnya Konfigurasi Modem USB HSDPA Huawei E160 G di Ubuntu Jaunty

Dewasa ini kebutuhan akan koneksi intenet sudah merupakan keharusan bagi sebagian orang. Hal ini dapat terlihat dari tingginya minat para pengguna notebook yang menginginkan adanya koneksi internet secara mobile. Selain dengan alasan kemudahan akses internet dimana saja, juga dikarenakan menjamurnya provider telekomunikasi yang menawarkan layanan Internet mobile dengan paket-paket internet murah. Bahkan beberapa Provider telah membundel layanan internet dengan paket modem 3G/HSDPA.

Beberapa waktu yang lalu saya diminta bantuan oleh seorang teman untuk mencoba modemnya . Alasannya karena telah berkali-kali mencobanya di Windows tapi masih saja tetap gagal. Untuk memastikanya oleh karena itu saya mencobanya di Ubuntu Jaunty. Setelah mencoba ternyata modem ini telah terdeteksi dengan baik dan berhasil terkoneksi dengan mudah :).
Dibawah ini adalah hasil lspcinya :




Berikut spesifikasi modem tersebut :

Model : E160E HSDPA USB Stick
Made in China
HSDPA/WCDMA 2100MHz
GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900MHz
HSDPA data tranfers speed up to 3,6MBps
USB interface

Dimensions:
size : 70.1mm x25.7mm x11.6mm
Weight : 50g

Untuk mengkonfigurasi modem Huawei di Ubuntu Jaunty, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Pertama hubungkan perangkat USB modem ke Laptop atau PC.

Dari panel Network Manager Applet, klik kanan kemudian pilih Configure untuk mengkonfigurasi modem.

Beberapa menit kemudian akan muncul wizard “New Mobile Broadband Connection. Klik Forward untuk melanjutkan.



Kemudian muncul pilihan Service Provider, Pilih Country :Indonesia dan untuk provider sesuai dengan kartu yang digunakan. Setelah itu klik Forward untuk melanjutkan.



Selanjutnya akan muncul Summary dari konfigurasi yang telah terbuat dan konfirmasi terakhir. klik Apply. (disini kebetulan saya menggunakan provider Telkomsel)



Setelah tahapan diatas konfigurasi modem selesai dibuat, nantinya akan muncul sebuah notifikasi bahwa telah ada konfigurasi baru.



Untuk mulai menggunakan koneksi tersebut, kembali lagi ke panel Network Manager klik kanan dan pilih nama koneksi yang telah dibuat sebelumnya. (pada postingan ini pilih Telkomsel).



Silahkan mencoba koneksi dengan cara browsing ke salah satu situs menggunakan Firefox, Jika berhasil seperti diatas, berarti modem sudah dapat berkerja dengan baik. Selamat berinternet ria menggunakan Ubuntu dimana saja :)




26 komentar:

Anonymous said...

Mau nanya nih mas, untuk mengaktifkan konseksi LAN dan modem secara bersamaan gimana ya? Sudah pernah coba pakai windows, dan ternyata berhasil. Namun setelah saya coba pada linux pada pc dan settingan (ip, dns, dll) lan yang sama, hasilnya salah satu koneksi pasti mengalah (keseringan modem yang ngalah).

hadinux said...

Sepertinya di Linux memang begitu jika kita menggunakan 2 koneksi secara automatis koneksi yang satu akan di putuskan. Biasanya koneksi menggunakan lebih dominan. Maaf gak bisa membantu :D

augy183 said...

gak berhasil bro.
di ubuntu gw, konek sih konek, tapi gak bisa browsing :(

Unknown said...

hmm kok bisa gitu ya jangan2 ada yang salah nih dengan settingan mozillanya tu :D
coba sebelumnya pastikan settingan mozillanya tidak mengunakan manual proxy pilih yang no proxy aja . Pilih Edit>Prefernces>Advanced>network>setting..
Semoga terbantu..

Anonymous said...

udah dicoba g bs..aq kan pakenya im2,,proses dah beres sma.tp wkt dipilih koneksinya koq ada paswordnya gt.trs diisi apa tu?????? :-o

Unknown said...

Nah klau untuk im2 mungkin sedikit berbeda saya belum coba juga :D tapi ada baiknya lansung disetting ketika bli pakek im2 nya. Rencana saya mau menggunakan im2 kebetulan belum punya koneksi di Bandung ini hehe
Jadi maaf belum bisa membantu nih tapi klau udah saya coba akan saya sharing disini nantinya :)

Salah Satu said...

iya tuh.... pass nya muncul terus... diisi juga tetep gak mau...

Anonymous said...

Solusi lain coba pakek flock browser, bisa d downoad d www.softpedia.com

Anonymous said...

Bismillah..punya saya linux mint,kan sama dengan jaunty.tapi masalahnya dia bisa konek tapi ga mau browsing,padahal proxynya udah ga diisi juga..yang aneh passwordnya udah dihapus di edit connections tetap muncul terus...sepertinya itu yang membuat ga bisa konek,ada solusi?

Unknown said...

Sedikit info nih bagi yang menggunakan modem Huawei plus im2 untuk dapat terkoneksi dengan internet harus menggunakan wvdial karena saya sudah mencoba dengan network manager tetap gak bisa :D
@reza : untuk passwordnya coba diisikan PIN Anda yang ada dibelakang kartu. mudah-mudahan bisa hehe
Saya rencanya akan mencoba modem E170 di Ubuntu Karmic tapi belum selesai download isonya jadi terpaksa nunggu dulu ntar klau dah berhasil baru di postig disini lagi :)

hadinux said...

Setelah mencoba-coba akhirnya im2 berhasil terkoneksi di Ubuntu jaunty menggunakan network manager. :D

tony said...

ehmm . . . mau nanya neh modem saya koq belum bisa koneq internet padahal pada saat install menggunakan wizard New Mobile Broadband Connection sudah berjalan sukses dengan provider Exelindo

hadinux said...

Kalau boleh tau modemnya mereknya apa ni? sebelum dapat menggunakan network manager coba terlebih dahulu install wvdialnya mas. soalnya saya dulu juga pernah seperti itu :)

habib said...

bro, ane punya masalah lain lage ni, ane juga baru beli modem huawei e160, satu minggu pertama lancar2 aja sich, tapi kok minggu berikutnya modem nya mulai bertingkah, sering muncul "device has been disconnected or is unavailable", ane coba di PC lain kasusnya juga sama, ane pakek xl unlimited, sinyal nya sich oke2 aja,,mohon solusinya, bingung banget ni..

hadinux said...

Hmm saya sih belum nemu kejadiannya seperti itu, mungkin ada masalah dengan kartu xl unlimitednya sudah dipastikan tidak ada masalah. Klau yang bermasalah kartunya ya mau dicoba dimanapun tetap seperti itu hehe :D. Solusinya remove aja konfigurasi modem yang lama kemudian dibuat baru aja sapa tau berhasil hehehe, karena saya sebelumnya juga pernah bermasalah dengan Modem T-mobile, setelah konfigurasinya di buat baru eh akhirnya bisa konek lagi seperti biasa :)
oya boleh dikrimkan hasil print screen erornya :)

Anonymous said...

aku menggunakan linux mint...pake kartu telkomsel..
pas pertama x coba, langsung isa terkonek..tapi hari ini udah gak bisa lgi konek...kok gitu yaa..?
yang pertama x aku coba itu..bisa konek tapi gk isa browsing...ada solusinya gk...?
Permasalahannya ketika mencoba untuk di konek langsung di connected..kira" kenapa ya..?

Unknown said...

Hmm misalnya tiba2 gak bisa konek lagi, sebaiknya konfigurasi network mangernya dihapus dulu dan dibuatkan yang baru aja :D saya juga pernah seperti itu hehe
Truz terkadang pada network managener menunjjukan telah konek tapi ketika browsing tetap tidak bisa, itu solusinya didisconekan lagi kemudian coba di ulangi kembali pilih konek sambil bisa browsing, pengalaman juga saya pernah seperti itu sampai beberapa kx diskonek baru deh bisa ngenet hehehe
atau bagusnya coba penggunakan aplikasi UTMSmon :D saya sih belum mencobanya rencana mau dicoba kepingin tau seperti apa :)

Pakdhetimin said...

aku pake Ubuntu Jaunty dg usb modem Venus VT218..pake Telkomsel..setting pake usb-modemswitch..switching dah bisa..tapi kok kayaknya kernel-nya gak detek modemnya ya? sepertinya jaunty gak ada drivernya utk modemku ini..hiks..

hadinux said...

@pakdhetimin: sepertinya begitu :D mungkin bisa beralih ke Karmic atau nunggu Lucix aja hehe
maaf saya tidak bisa membantu kebetulan blum pernah mecobnya menggunakan modem venus :)

Anonymous said...

Itu ga perlu install modemnya terlebih dahulu?

hadinux said...

@Anonymous: Tidak perlu mas langsung tancapkan modemnya dan tinggal dikonfigrasi aja :)
Modemnya itu sudah plug n play.

usb modem said...

thanks sob
nnati di coba deh

hadinux said...

@usb modem : sama-sama :)

Anonymous said...

untuk tablet PC android bisa gak mas ?

Anonymous said...

gan gw pake linuxmint modemnya prolink phs 300 udah ikutan cara yang diatas tapi pas mau di connect kin koq tiba tiba disconnect sendiri yah
mohon bantuannya gan

pras said...

Terima kasih infonya
Membantu banget

Post a Comment