Menambahkan Audio Azan Pada Aplikasi Minbar

Mungkin bagi Anda yang pernah menggunkan Windows tidak asing dengan aplikasi Athan. Nah tidak berbeda dengan aplikasi tersebut di Linux khususnya Debian, Ubuntu dan Sabily memiliki aplikasi yang serupa tapi tidak sama yang disebut Minbar. Minbar merupakan aplikasi pengingat waktu shalat di desktop Linux.
Setelah menginstall Minbar di Ubuntu jaunty kemudian dikonfigurasi sesuai zona waktu Indonesia Barat setelah itu saya biarkan begitu saja berharap ketika waktu azan aplikasi ini nantinya akan memberitahukan waktu Azan tiba dengan tanda berkumandangnya suara Azan di komputer.
Setelah berhari-hari menjalankan aplikasi ini, suara Azan yang ditunggu-tungu tidak terdengar juga, yang muncul hanyalah tulisan peringatan waktu shalat telah tiba. Setelah mengeksplorasi lebih jauh ternyata audio Azan tidak disertakan secata default pada aplikasi ini melainkan harus kita tambahkan sendiri. Melihat kekurangan ini saya berinisiatif untuk menambahkan audio Azan sehingga nantinya ketika tiba waktunya shalat tidak hanya muncul pemberitahuan berupa tulisan akan tetapi juga diiringin dengan kumandang Azan. Hal serupa juga berlaku sama pada aplikasi Minbar di Sabily yang secara default telah terinstall aplikasi ini. Baiklah untuk menambahkan audio Azan pada aplikasi Minbar silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :


Pertama dowload terlebih dahulu file audio azan. Silahkan downloaddisini.

Selanjutnya klik kanan icon logo Minbar yang terletak pada Panel bagian atas. Selanjutnya pilih
Preferences.



Jika tidak terdapat icon tesebut pada panel bar, silahkan jalankan terlebih dahulu aplikasi Minbar melalui Applications > Accessories > Minbar Prayer Times. Muncul halaman konfigurasi minbar pilih Preferences.



Selanjutnya tentukan terlebih dahulu pada Tab City Details letak koordinat tempat dimana kita berada. (Contoh disini kota Banda Aceh : 50 33' LU – 950 19' BT). Pada Latitude isikan dengan koordinat Lintang Utara (LU) sedangkan pada Longitude isikan koordinat Bujur Timur (BT). Untuk Time zone Waktu Indonesia Barat (WIB) isikan dengan 7.0.



Selanjutnya pindah ke Tab Athan. Klik pada Normal Athan, untuk memilih audio azan yang telah tersimpan sebelumnya.




Setelah itu pilih audio azan yang diinginkan kemudian klik Open.



Sampai disini suara azan telah berhasil di tambahkan ke aplikasi Minbar. Selamat mencoba.




9 komentar:

vitri said...

Wokehlah bang........ Kebetulan ni bang, maren tu ane mo ganti jenis adzannya hehehe... tapi nggak ngerti... Nah sekarang ane dah tau... thanks ya, INFONYA maknyus........... 8-} :D

hadinux said...

hehe sama-sama semoga bisa terbantu :D. Silahkan kunjungi truz blog ini nanti akan ada info-info tentang Sabily lainnya ;;)

adin said...

makasi banyak ya! sangat membantu ;))

hadinux said...

@adin : sama-sama semoga sedikit membantu :)

Dany said...

Kok file azannya error sih di ukuran 3 M lebih tapi didownload cuman 330 B berkali kali sama saja, aku download pake Jdownloader, Wget, bahkan browser sama saja, kenapa ya?

hadinux said...

Setelah saya juga ikut mencoba mendownload file audio azan tersebut tidak mengalami masalah, file berhasil didownload dengan sempurna tanpa ada erorr. Mungkin ketika Anda mendownload koneksinya sedang tidak bagus, silahkan coba lagi hehe :D

Choiri Setyawan said...

azan untuk subuh nya ada gak mas?
thanks

hadinux said...

@mas choiri: ada sih tapi kebetulan tidak saya upload hehe ntar deh akan saya upload buat mas :)

Choiri Setyawan said...

OK mas.. ditunggu untuk azan yang subuh yach..
thanks

Post a Comment