Modeling Perangkat Lunak Menggunakan Umbrello

Jika Anda ingin mengembangkan sebuah perangkat lunak, terlebih dahulu Anda harus menentukan spesifikasi sistem perangkat lunak yang akan dikembangkan, selain itu juga perangkat lunak yang dikembangkan nantinya harus sesuai dengan keiginan dan kebutuhan user (baca: pengguna). Oleh karena itu untuk memudahkan dalam mengakomodasi semua hal-hal itu, dibutuhkan permodelan secara visual.
Apa yang dimaksud permodelan visual? yaitu prosea penggambaran informasi-informasi secara grafis dengan notasi-notasi baku yang telah disepakati oleh antar pengembang sistem atau perangkat lunak. Notasi-notasi ini diperlukan untuk alasan komunikasi. Dengan adanya notasi-notasi yang telah baku tersebut, antara pengembang sistem atau perangkat lunak dengan user tejadi komunikasi yang baik. 


Untuk melakukan permodelan sistem Anda membutuhkan notasi-notasi UML yang akan di visualisasikan menggunakan bantuan perangkat lunak.Untuk memperjelas tentang visualisasi notasi-notasi UML, pada kesempatan kali ini saya sedikit membahas tentang perangkat lunak CASE (Computer Aided Software Enginnering) untuk pemograman berorientasi objek. Disini saya menggunakan perangkat lunak Umbrello yang berjalan di sistem operasi Ubuntu Linux untuk memvisualisasikan notasi-notasi UML yang akan dibuat.

Apa itu Umbrello ?
UML Umbrello MODELLER adalah tool UML Diagram yang dapat mendukung anda dalam proses pengembangan software, khususnya selama proses analisis dan desain perangkat lunak atau sistem.
Adapun kemampuan dari UML Umbrello Modeler antara lain :
- Mempermudah pengembangan perangkat lunak atau sistem.
- Membantu menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.
- Dapat digunakan sebagai dokumentasi desain perangkat lunak yang dapat membantu Anda dan sesama pengembang.
- Merupakan perangkat lunak free (baca: bebas) dan dapat di download tanpa biaya.

Memiliki permodelan yang baik adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pengembang lain yang bekerja pada proyek dan dengan user. Anda dapat mewakili ide-ide Anda dalam UML menggunakan berbagai jenis diagram yang didukung Umbrello. Saat ini UML Umbrello Modeller sudah mencapai versi 1.2.
UML Umbrello MODELLER 1,2 mendukung berbagai jenis sebagai berikut:
  • Class Diagram
  • Sequence Diagram
  • Kolaborasi Diagram
  • Use Case Diagram
  • State Diagram
  • Aktivitas Diagram
  • Komponen Diagram
  • Deployment Diagram

Berikut ini adalah tampilan interface dan contoh beberapa diagram yang saya buat menggunkan aplikasi Umbrello :



   Tampilan Interface Umbrello 


 
Class Diagram


 
Use Case Diagram





Untuk mengetahui Informasi lebih lanjut tentang UML silahkan kunjungi website OMG, http://www.omg.org yang menciptakan standar UML. Semoga Umrello dapat membantu Anda membuat perangkat lunak berkualitas tinggi.

Referensi :
Ummbrello UML Modeller Hanbook

1 komentar:

Chairunnisa Permana said...

Kami juga mempunyai artikel tentang UML silahkan dibaca semoga bermanfaat dan berikut adalah link nya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1796/1/Artikel_92304089.pdf terimakasih

Post a Comment