Installasi Printer Brother DCP-J315W di Ubuntu Natty

Pada kesempatan kali ini saya berkesempatan untuk mencoba salah satu jenis printer keluaran vendor Brother yaitu Brother DCP-J315W di Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal). Printer ini ternyata tidak bisa langsung digunakan jika Anda menggunakan sistem Ubuntu, hal ini dikarena driver printer Brother DCP-J315W belum tersedia    di sistem Ubuntu standar setelah installasi. Agar dapat menggunakan Printer ini Anda harus terlebih dahulu mendownload driver printernya pada situs resminya di Brother Linux Homepage. Jadi bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Linux tidak perlu khawatir lagi karena pihak vendor Printer Brother ternyata sudah menyediakan layanan website yang menyediakan driver printer khusus untuk distribusi Linux.



website Brother Driver for Linux distributins


Untuk dapat menggunakan Printer jenis ini silahkan ikuti langkah-langkah installasi dan konfigurasi Printer Brohter DCP-J315W sebagai berikut:  

Pertama-tama Anda harus mendownload dua paket driver printer yaitu driver LPR dan Cupswrapper. Simpan hasil unduhan pada sebuah folder agar nantinya memudahkan pada saat proses intallasi.  

Kemudian buat tiga buah foldel dengan mengetikkan perintah berikut pada terminal :
 sudo mkdir /var/spool/lpd /var/spool/lpd/dcpj315w /usr/share/cups/model
Langkah selanjutnya adalah menginstall driver LPR dengan perintah :
sudo dpkg -i --force-all dcpj315wlpr-1.1.1-1.i386.deb 
Dan kemudian install Cupswrapper dengan perintah :
sudo dpkg -i --force-all dcpj315wcupswrapper-1.1.1-1.i386.deb

Sampai pada tahapan ini Anda sudah berhasil menginstall driver printernya, langkah selanjutnya yaitu mengkonfigurasi printer agar bisa digunakan untuk mencetak. Adapun langkah-langkah mengkonfigurasi printer sebagai berikut : 
Pertama-tama buka web browser (Firefox, Chrome), ketikan http://localhost:631/admin, jika diminta masukkan username dan password mesin Ubuntu Anda. Kemudian pilih Add Printer


 




 
 
Selanjutnya pada Discoverd Network Printer pilih Brother DCP-J315W, kemudian pilih Continue.
 






 
 
kemudian muncul halaman informasi Printer, pilih Continue. Selanjutnya pilih Add Printer pada bagian bawah.  
 






 
 
Langkah selanjutnya atur informasi untuk printer Anda kemudian pilihh Set Default Options. 
 




 
 
 
Saat ini printer sudah bisa digunakan untuk mencetak. Untuk menu pengaturan printer lebih lanjut  atau menambahkan jenis printer silahkan melalui System Setting Control Center > Harware > Printing.  
 






 
 
Semoga bermanfaat :)






Referensi :




2 komentar:

dende said...

thank you for linking to my blog ;)

hadinux said...

@dende : thanks you too :)

Post a Comment