Installasi Scanner Canon LiDE 100 di Ubuntu Natty

Penggunaan Scanner secara terpisah saat ini sudah tidak begitu banyak digunakan lagi, hal ini dikarenakan fungsi scanner sudah disatukan kedalam sebuah printer yang multifungsi. Printer umumnya saat ini sudah menggunakan teknologi All-in-Ones yaitu dalam satu perangkat sudah bisa menjalankan fungsi mencetak, menscan dan mengcopy. Tentunya banyak orang akan lebih memilih membeli printer yang multifungsi  ketimbang printer biasa ataupun scanner saja. Bagi Anda yang menginginkan fungsi lebih dari sebuah scanner biasa, ada baiknya membeli Scanner terpisah.

Baiklah langsung saja pada kesempatan ini saya akan membahas cara installasi salah satu Scanner buatan vendor Canon yaitu CanoScan LiDE 100 di Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal). Jika Anda menggunakan Scanner tipe ini bisa dipastikan Anda akan sedikit kecewa, karena driver Scanner ini belum tersedia untuk distribusi Linux. Berbeda dengan printer Canon yang saat ini sudah tersedia driver untuk distribusi Linux. Untungnya SANE project telah berbaik hati membuatkan dukungan driver untuk Canon LiDE 100. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dengan sedikit usaha, Scanner CanoScan LiDE 100 dapat langsung digunakan di Ubuntu. Untuk instalasi dan konfigurasi Scanner CanoScan LiDE 100 di Ubuntu Natty, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Pertama-tama Anda harus menginstall librari pendukung terlebih dahulu. Caranya buka terminal ketikan perintah dibawah ini  :

sudo apt-get install libusb-dev  build-essential libsane-dev

Selanjutnya, install aplikasi git-core dengan mengetikkan perintah :

sudo apt-get install git-core

Kemudian menggunakan aplikasi git yang telah terinstall, ambil SANE backends (file driver pendukung scanner) dengan mengetikkan perintah :

git clone git://git.debian.org/sane/sane-backends.git

Perintah diatas mendownload dan menempatkan sane-backends pada direktori home Anda. Langkah selanjutnya yaitu melakukan kompilasi file tersebut. Masih melalui terminal, masuk ke direktori sane-backends kemudian konfigurasi dengan menggunakan perintah :

cd sane-backends
./configure --pfefix=/usr --sysconfdir=/etc --localstatedir=/var 

Tunggu sampai proses cheking dan konfigurasi selesai. Selanjutnya baru Anda dapat melakukan kompilasi dengan mengetikkan perintah :

make
sudo make install 

Sedikit pemberitahuan bahwa perintah make akan membutuhkan waktu jadi jika muncul perintah-perintah aneh dilayar terminal Anda tidak perlu khawatir, tunggu saja sampai semua proses selesai.

Setelah proses kompilasi diatas selesai, sebenarnya scanner sudah dapat langsung digunakan tapi hanya dapat diakses oleh user root. Untuk dapat menginzinkan user biasa menggunakan scanner, Anda harus mengedit  file 40-libsane.rules, caranya buka terminal ketikan perintah :

sudo gedit  /lib/udev/rules.d/40-libsane.rules 

tambahkan 2 baris berikut pada bagian bawah file 40-libsane.rules :

# Canon CanoScan Lide 100
ATTRS{idVendor}==”04a9″, ATTRS{idProduct}==”1904″, ENV{libsane_matched}=”yes”

Kemudian simpan perubahan, tutup gedit dan restart Ubuntu Anda.
Untuk mengetahui infomasi idVendor dan idProduct perangkat Scanner, ketikan perintah lsusb pada terminal.

hadinux@Lenovo:~$ lsusb
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 001 Device 004: ID 04a9:1904 Canon, Inc.

Sekarang jalankan aplikasi Simple Scan atau XSane Image scanning progam, Scanner seharusnya sudah berfungsi dengan baik.

Hasil scan menggunakan CanoScan LiDE 100


Selamat mencoba !



Referensi :
www.codeunit.co.za

3 komentar:

Nasri dicvic said...

bagaimana dengan copy dan konvert pdf-nya mas

Hadinux Nubie said...

@Nasri dicvic : itu mas khusus scanner aja gak bisa copy :D kalau yang bisa copy itu printer multi fungsi. Hasil scannya berupa images kalau untuk menkonvert ke pdf bisa menggunakan aplikasi lainnnya.

kita-aceh said...

mantap

Post a Comment