Installasi Printer Canon MP 258 di Ubuntu Natty

Jika pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang cara menginstall salah satu jenis printer buatan vendor Brother, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mencoba membahas tentang bagaimana cara menginstall salah satu printer inkjet buatan vendor Canon. Printer Canon yang kali ini saya uji menggunakan sistem Operasi Ubuntu merupakan seri dari printer Canon MP 250 yaitu Canon MP 258. Secara default Sistem Operasi Ubuntu belum mendeteksi printer seri ini, oleh karena itu jika Anda ingin menggunakan printer tersebut di mesin Ubuntu, terlebih dahulu Anda diharuskan menginstall drivernya secara manual yang dapat didownload melalui situs resmi canon asia.


Untuk installasi dan konfigurasi Printer Canon MP 258 di Ubuntu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Pertama-tama buka Terminal, ketikan baris perintah dibawah ini :

sudo add-apt-repository ppa:michael-gruz/canon
sudo apt-get update

Perintah diatas bertujuan menambakan daftar alamat repository paket driver printer Canon yang telah dikompilasi oleh michael-gruz khusus untuk sistem Ubuntu. Sehingga ketika nantinya Anda menginstall driver printer Canon langsung diarahkan ke alamat tersebut. Proses menambahkan repository ini selalu membutuhkan koneksi internet. Repository ini juga dapat digunakan untuk menginstall beberapa driver printer merek Canon.

Daftar Canon Printer Driver PPA Repository 


Kemudian install driver printer Canon MP 258 dengan mengetikan perintah berikut :

sudo apt-get install cnijfilter-mp250series

Langkah selanjutnya sambungkan printer Canon Anda, nantinya akan muncul notifikasi OSD jika printer Anda telah berhasil terkoneksi dengan sistem Ubuntu.



Setelah itu konfigurasi printer Anda melalui System Settings > Printing > +Add. 




Langkah terakhir jalankan Print Test Page, jika berhasil nantinya printer akan mencetak halaman dengan logo Ubuntu.



Selama mencoba :)

4 komentar:

helmi said...

uda coba dan berhasil, tq infonya mas:)

Djoko Suharjono's blog...... said...

kok di System Settings > Printing > nggak muncul nama printernya ya, adanya malah no device printer

Hadinux Nubie said...

@Djoko : Hmm seharusnya ada mas. Mungkin ada yang salah kali langkah-langkahnyanya. :D Coba diulangi kembali. Itu temen saya saja berhasil mas.

Anonymous said...

@ joko : mungkin sewaktu dia install, printernya belum di colokkan ke komputer jadi nama printernya gak muncul. atau ada ketidaklengkapan file pada paket drivernya.

Post a Comment