Instalasi Adobe Air di Ubuntu Hardy

Adobe Air Environment merupakan salah satu teknologi software terbaru, yang memungkinkan dengan mudah membuat satu lintas platform aplikasi internet yang menggabungkan Adobe Flex, Adobe Flash, HTML dan Ajax menjadi aplikasi dan widget siap pakai di Internet. Adobe Air memungkinkan satu pengembangan browser menjadi lebih kaya akan aplikasi internet pada Desktop Anda.

Baru baru ini Adobe akhirnya telah merilis versi stabil Air environment untuk Linux. Sebelumnya aplikasi ini hanya tersedia bagi sistem operasi Mac OS X dan Windows. Jadi bagi Anda pengguna Linux khususnya Ubuntu sekarang sudah dapat mencobanya. Pada kesempatan ini, Saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall Adobe AIR environment pada Ubuntu 8.04 dan beberapa aplikasi menarik yang dapat berjalan diatas Adobe Air.

Installasi Adobe Air :

Untuk menginstall Adobe Air buka Terminal dari Applications > Accessories > Terminal, ketik perintah dibawah ini untuk mendownload Installer Adobe Air.

wget -c http://airdownload.adobe.com/air/lin/download/1.5/AdobeAIRInstaller.bin


Setelah selesai proses diatas, Kemudian berikan hak izin mengeksekusi file tersebut dengan mengetikkan perintah berikut

chmod +x AdobeAIRInstaller.bin


Kemudian lanjutkan dengan mengetik perintah berikut:

./AdobeAirInstaller.bin


Setelah mengetikkan perintah di atas, Anda akan mendapatkan kotak dialog installasi seperti dibawah ini dan ikuti petunjuk meng-installnya.




Setelah installasi selesai silahkan buka Menu Applications > Other > Adobe Air Application Installer, untuk menginstall aplikasi Adobe Air.

Sampai disini Anda telah selesai menginstalasi Adobe Air tapi Anda belum memilki aplikasi apapun untuk di install pada Adobe Air Apllication Installer, oleh karena itu Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Berikut beberapa aplikasi menarik Adobe Air yang dapat Anda coba Install antara lain;

Semua paket yang di download nantinya berekstensi (.air), jadi untuk menginstallnya Anda harus menggunakan Adobe Air Application Installer.


Referensi :
http://linuxondesktop.blogspot.com/

3 komentar:

Anonymous said...

ill try,thx u..

Anonymous said...

info menarik, trims ya mas

hadinux said...

sama-sama. terima kasih sudah berkunjung :)

Post a Comment