Mengatasi Masalah Kartu Grafis ATI Radeon Xpress 200M di Ubuntu Lucid

Setelah beberapa bulan vakum postingan akibat kesibukan yang melanda, kini  akhirnya bisa kembali  mengupdate  blog tercinta ini :)


Kali ini ada sedikit kabar gembira bagi Anda yang menggunakan Laptop dengan kartu grafis ATI Radeon Xpress 200M, jika sebelumnya kartu grafis seri ini belum dapat menjalankan Compiz Fusion secara langsung di Ubuntu Intrepid sampai dengan Lucid, kini dengan meng upgrade ke versi kernel terbaru akhirnya Ubuntu Lucid sudah dapat menjalankan Compiz Fusion. Hal ini sudah saya coba beberapa hari yang lalu dengan melakukan upgrade ke versi kernel 2.6.32-24-generic melalui Update Manager di Ubuntu Lucid.



Informasi System

Bagi Anda yang ingin mencobanya silahkan pilih System > Administration > Update Manger. Kemudian pilih Install Updates ,tunggu sampai proses selesai kemudian restart Ubuntu Anda.



Sekarang Anda sudah dapat menjalankan Visual Effects. Klik kanan pada Desktop pilih Change Desktop Background  selanjutnya pada jendela Appearance Preferences pilih tab Visual Effects klik pilihan Extra.


Langkah selanjutnya untuk dapat menjalankan Compiz Fusion terlebih dahulu install paket CSSM (CompizCompiz Setting Manager) aplikasi ini nantinya berfungsi untuk menentukan dan mengatur efek-efek compiz di Ubuntu.


Untuk mengisntall cssm pilih Application > Ubuntu Software Center. Pada kotak seach ketikan "compiz set" tanpa tanda petik, nantinya muncul paket cssm klik Install dan tunggu sampai proses selesai lalu Close.


Sekarang saatnya mengeksplorasi efek efek dari Compiz Fusion, silahkan pilih System > Preferences > CompizConfig Settings Manager.


Untuk menambahan beberapa efek tambahan pada Compiz Fusion silahkan Instal paket berikut melalui Application > Terminal ketikan perintah :

 sudo apt-get install compiz-fusion-plugins-extra



Berikut beberapa hasil screenshoot Desktop Uuntu menggunakan Compiz Fusion.






Silahkan eksplorasi  jauh lebih dalam sesuai yang Anda inginkan :)

I love Open Source 







0 komentar:

Post a Comment