LibreOffice Default Office Pada Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal)

Baru-baru ini saya membaca informasi dari omgubuntu yang menyatakan bahwa penguji Natty telah melakukan pembaharuan menggantikan OpenOffice.org dengan LibreOffice sebagai default aplikasi Office pada Ubuntu 11.04 Alpha. Hal ini seperti yang pernah dikatakan Mark Sthuttleworth beberapa waktu lalu. Berikut kutipannya : "The Ubuntu Project will be pleased to ship LibreOffice from The Document Foundation in future releases of Ubuntu", kata Mark Shuttleworth pada peluncuran LibreOffice. Semoga saja LibreOffice sepenuhnya tetap bertahan nantinya sebagai default aplikasi Office pada rilis Ubuntu 11.04 April mendatang.

LibreOffice adalah aplikasi Office Opensource yang berjalan pada sistem operasi Window, Mac dan Linux. Bisa dikatakan Libreoffice merupakan aplikasi pengolah dokument sama seperti OpenOffice.org yang secara default bawaan Ubuntu. LibreOffice merupakan kelanjutan proyek OpenOffice.org, setelah   SUN yang menaungi proyek OpenOffice.org diakuisisi (baca: dibeli) oleh Perusahaan Oracle. Saat ini LibreOffice dikembangkan oleh komunitas The Document Foundation.

LibreOffice Start Center

Bagaimana jika ingin menginstall LibreOffice di Ubuntu Lucid atau Marvick ? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini : 

Sebelum menginstall LibreOffice, terlebih dahulu Anda harus menghapus OpenOffice.org dari sistem Ubuntu dengan mengetikan perintah berikut pada Terminal :


 sudo apt-get remove openoffice*.*


Selanjutnya untuk menginstall LibreOffice menggunakan koneksi internet, ketikan perintah berikut pada Terminal :


sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
 sudo apt-get update && sudo apt-get install libreoffice

Untuk melengkapi integrasi ke Ubuntu (Gnome),  silahkan install paket berikut :

 sudo apt-get install libreoffice-gnome


Memulai LibreOffice, pilih Applications > Office.

Menu LibreOffice 




LibreOffice Writer


Semoga LibreOffice jauh lebih baik. Selamat mencoba :)



Referensi :


0 komentar:

Post a Comment