Mengambil Screenshot Ponsel Android di Ubuntu

Beberapa hari ini saya sangat bersemangat meng-eksplorasi platform yang bernama Android di Mesin Ubuntu, ini dikarenakan platfrom Android bersifat opensource yang bisa dikostumasi ataupun dieksplorasi sesuka hati. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana mengambil screenshot ponsel Android langsung dari sistem Ubuntu, menarik bukan ? Pada waktu melakukan pengambilan screenshot, saya menggunakan Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx) yang terkoneksi dengan My Android Phone yaitu Samsung Galaxy 550. Anda juga dapat mencobanya pada ponsel Android dari vendor lain.     

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah mengambil screenshoot ponsel Android dari Ubuntu :

Pertama-tama Anda terlebih dahulu harus menginstall Android SDK Starter Package pada sistem Ubuntu. (silahkan baca pada postingan sebelumnya disini).

Selanjutnya buat udev rules untuk dapat memberikan akses ke ponsel Android Anda. Jika tidak membuat udev rules terlebih dahulu maka Ubuntu tidak akan memperbolehkan akses Dalvik Debug Monitor Server (DDMS) ke ponsel Android melalui USB. Untuk membuat udev rules Anda harus membuat sebuah file dengan akses root menggunakan Terminal. Pilih Applications > Accessories > Terminal, ketikkan perintah berikut : 

gksudo gedit /etc/udev/rules.d/90-android.rules

  
Setelah teks editor muncul, masukan kode dibawah ini pada file tersebut. 

SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="04e8", MODE="0666"



Catatan:  untuk kode idVendor selain ponsel Samsung silahkan merujuk kesini). 

Simpan file dan jalankan perintah berikut pada Terminal : 

gksudo service udev restart

Jika telah selesai close Terminal.

Anda juga dapat melihat sendiri idVendor ponsel Android yang Anda gunakan melalui terminal dengan mengetikan perintah berikut :

lsusb



Sekarang koneksikan ponsel Android melalui kabel USB. (Catatan: khusus untuk Samsung Galaxy 5 jika muncul pilihan USB Settings, pilih Kies). Selanjutnya pada ponsel Android Anda pilih  Settings > Applications > Developmet. Kemudian tandai centang pada USB Debugging.



Langkah selanjutnya menjalankan tool ddms untuk memulai mengambil screenhot. Masuk ke direktori android-sdk-linux_86/tools, klik dua kali pada file ddms dan Run



Nantinya muncul tool ddms, jika ponsel sudah terkoneksi dengan benar maka akan muncul informasi mengenai perangkat Anda yang terkoneksi. Sekarang Anda sudah bisa memulai mengambil screenshot ponsel Android kesayangan Anda. Pilih  Divices > Screen Capture.


Pilih Save untuk menyimpan hasil screenshot yang Anda inginkan.

Screenshoot My Android Phone


Selamat mencoba, semoga bermanfaat :-)



0 komentar:

Post a Comment