Samsung Galaxy 550 - My Android Phone

Sebenarnya postingan ini sudah lama ingin saya posting,  tapi dikarenakan file tulisan yang  menghilang ntah kemana akhirnya baru pada kesempatan ini saya berhasil menulis ulang. Tulisan ini juga menepati janji saya pada seorang teman untuk membahas sedikit tentang ponsel Android saya. Beberapa bulan yang lalu, saya terkena serangan penyakit yang dinamakan dengan sindrom Android :D. Gejalanya yaitu setiap harinya selalu melihat review Ponsel yang bersistem Android, tiada hari tanpa kata-kata Android. Mungkin aneh bagi Anda semua hehe  

Setelah kurang lebih 2 minggu mencari referensi diberbagai majalah ponsel dan tentunya dari internet akhirnya saya memutuskan untuk membeli Ponsel Android.  Pilihan saya jatuh pada Galaxy 550 besutan vendor Samsung atau yang lebih familiar  dengan nama Samsung Galaxy 5. Alasan saya membeli ponsel Android adalah pertama untuk menghilangkan penyakit sindrom Android yang telah melanda saya sejak beberapa bulan yang lalu, kedua karena ingin meng-eksplorasi lebih  jauh sistem operasi Android yang merupakan pengembangan dari kernel Linux.  Mengapa saya menjatuhkan pilihan pada Samsung Galaxy 5 ? Ada dua alasan juga, pertama karena harganya bisa dikatakan masih terjangkau dan yang kedua karena pada bagian casing belakang ponsel ini  bertuliskan " with Google" itu yang membuat ponsel ini sedikit elegan menurut saya :D

Jika dibandingkan dengan beberapa ponsel Android lainnya,  Samsung Galaxy 5 termasuk ke dalam golongan ponsel Android menengah dengan fitur-fitur yang diberikan oleh ponsel ini bisa dikatakan sebanding dengan harga yang  ditawarkan.  Tidak seperti saudaranya Samsung Galaxy S yang harganya dibandrol setara Iphone3G. Memang untuk saat ini harga ponsel Android yang beredar dipasaran masih sangat mahal, semoga saja beberapa  bulan mendatang ponsel bersistem operasi buatan google ini semakin murah sehingga semakin banyak pengguna ponsel bersistem Android.




Berikut informasi spesifikasi Samsung Galaxy  550  :  

General 
2G Netork GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 
3G Netork HSDPA 900 / 2100

Size
Dimensions 108 x 56 x 12.3 mm
Weight 102 g

Display
Type TFT capcitive touchscree, 16M colors
Size 240 x 320 pixels, 2.8 inches
-Accelerometer sensor for UI auto-rotate
-TouchWiz v.30

Sound
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Speakerphone Yes
-3.5 mm audio jack 

Memory
Phonebook Practically unlimited entries and fields, Photocall
Call records Practically unlimited
Internal 170 MB
Card slot microSD (TransFlash) up to 16 Gb

Data
GRPS Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 - 48 kbps
EDGE Class 10, 236.8 kbps
3G HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth Yes, v2.1 with A2DP
USB Yes, v2.0 microUSB

Camera
Primary  2MP, 1600x1200 pixels
Features Geo-tagging, smile shot
Video Yes, QVGA@15fs

Features
OS Android OS, v.2.1 (Eclair)
CPU 600 Mhz processor
Messaging SMS (threaded view), MMS. Email, Push Mail, IM, RSS
Browser HTML
Radio Stereo FM radio with RDS
Games Yes
Colors Black
GPS YEs, with A-GPS support
Java Via third party application
-Social networking intergration
-MP4/H.264/H.2.63 player
-MP3/WAV/eAAC+player
-Organizer
-Google Search, Maps, Gmail, Youtube
-Voice memo
-T9

Battery Standard battery, Li-Ion 1200 mAh
Stand-by to 521 h (2G) Up / to 375 h (3G) 
Talk time Up to 9 h 30 min (2G) / Up to 6 h 30 min (3G)


Selain itu ada beberapa fitur tambahan dari ponsel pintar ini antar lain : 
 
Social Hub

Social Hub

Buku telpon dan kalender yang terintegrasi dan terkonsolidasi menjadi satu, sehingga Anda tidak perlu mencari nomor kontak. Disetiap nama dari daftar kontak Anda terdapat jalan pintas untuk terhubung langsung ke SNS, email, SMS/MMS. Anda juga dapat menikmati kemudahan integrasi penuh dengan Acount Google.

 

 Write & Go

Write and Go

Fitur ini merupakan Komposer teks untuk SNS, kalender, memo dan pesan-pesan mudah: tulis teks terlebih dahulu kemudian Anda tinggal memilih no yang ingin dituju. Juga dapat digunakan untuk melakukan updates status Facebook, Myspace dan Twitter.


  Swype

Swype

Memainkan jemari dengan kecepatan hingga 40 kata per menit dengan bantuan fitur Swype. Swype memiliki intelijensi terintegrasi yang mengikuti jejak jalur jari Anda di keyboard. Hanya melacak kata yang yang ini ditulis, dan Swypw akan melakukan sisanya. Mengirim pesan teks menjadi lebih cepat dan mudah di layar apapun. 


  Fast Internet Browsing

Fast Internet Browsing  

Tampilan UI yang lebih fresh dengan browser dengan browser-Bookmarks dengan thumbnail halaman werb dan dukungan untuk HTML5.

 

Layar Augment Reality Browser

Dengan broser Layar Augment Reality, Anda dapat menyaksikan informasi digital secara real-time. Cukup arahkan kamera telpon ke arh yang Anda pilih, dan lihat segala yang perlu Anda ketahui.


All-share

Menggunakan fitur AllShare melalui DLNA Anda memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk menikmati dan berbagi semua konten digital Anda dengan perangkat DLNA®-bersertifikat Samsung dan lainya yang bersertifikat DLNA®.




Hasil Tangkapan Layar My Android Phone yang terkoneksi dengan Ubuntu menggunakan aplikasi Android SDK.             
Screenshoot My Android Phone On Ubuntu

Pada kesempatan yang Akan datang saya akan sedikit membahas tentang Android di blog ini. Anda tertarik menggunakan ponsel Android ?  


Referensi :

www.samsung.com/id/



10 komentar:

Nova Miladyarti said...

informasi harganya ga ada:(

hadinux said...

Kemarin saya belinya 2 jeti complete :)
Untuk informasi harga yang lebih update silahkan beli majalah yang membahas tentang ponsel di toko-toko terdekat di kota Anda :D

pasarsoftware said...

thanks for the information, it really helped me ..

hadinux said...

@pasar software : with pleasure :)

Ummul Khairi said...

samsung itu identik dengan andrioid ya? trus kalau merk hp yg lain gmn?

hadinux said...

Tidak juga mbak, kebetulan saya menggunakan ponsel dari vendor Samsung dengan platform Android :)
Selain itu ada juga vendor lainya seperti HTC, Sony Erricson, Motorolla, Acer, Asus, Dell dan ada juga vendor lokas sperti Nexian dan IMO. Sekian CIIMW

Ghelicious said...

Udah beli yah? ada input bahsa koreanya ga? aku mau beli soalnya. rep ke chat box blog aku ya
http://www.ghelicious.blogspot.com/

hadinux said...

Sepertinya ada dua karater hruf mirip bhasa mandarin gitu, karena saya bukan orang korea jadi kurang tau karakter huruf korea itu seperti apa :) . Saya saranan sebelum membelinya dipastikan dulu apa bner ada bhasa koreanya :)

Dwiki Jatikusumo said...

Caranya gimana om biar bisa seperti gambar "My Android Phone On Ubuntu"?

hadinux said...

@Dwiki : Caranya bisa merujuk ke postingan saya di http://hadinux.blogspot.com/2011/01/mengambil-screenshot-ponsel-android.html :)

Post a Comment