Sekilas Tentang Memilih Operating Sistem Linux

Operating sistem merupakan platform untuk menjalankan berbagai macam aplikasi, Linux adalah operating sistem yang free dan dapat dimodifikasi oleh semua orang. Berbagai operating sistem berbasis Linux kian banyak ditawarkan tiap Negara termasuk Indonesia juga. Setiap negara memodifikasi operating sistem Linux sesuai dengan karaktek negara masing-masing.

Saat pertama kali komputer dihidupkan bagian pertama yang kita akses adalah operating sistemnya. Pertama kali sebelum ditemukan window interface kita mengenal komputer berbasis DOS, kemudian masyarakat di populerkan dengan sistem operasi Windows yang diluncurkan Microsoft, disini orang pun mulai familiar menggunakan mouse. Sistem operasi pun kian beragam, open source software atau software terbuka yang dapat di download dan juga dapat dimiki oleh public kian berkembang menawarkan aplikasi gratis didalamnya.

Linux adalah sistem operasi yang open source yang gratis di download dan juga di modifikasi. Pada bulan april 1991 Linus Torval yang berusia 21 tahun memulai pekerjaannya untuk memikirkan beberapa ide untuk sebuah sistem operasi. Linus beserta timnya menerima masukan baris-baris kode dari seluruh penjuru dunia, menyortir, menetapkan skala priotitas, dan memasukan gagasan paling brialian. Menurut Linus apa yang dilakukannya hanyalah berbagi. Linus hanya menekankan sisi keterbukaan tidak peduli kemudian dalam sistem operasi bercampur program free atau proprietary.

Setiap Negara memilki operating sistem berbasis Linux, seperti Mandrake yang sekarang menjadi madriva atau Linux yang di kembangkan Prancis.




OpenSuse adalah operating sistem Linux yang dikembangkan di Jerman.


Desktop Opensuse


Ubuntu adalah operating sistem Linux yang dikembangkan di Afrika.


Desktop Ubuntu


Indonesiapun tak kalah canggih karena berhasil mengembangkan operating sistem Linux lokal yaitu Blankon dan IGOS Nusantara.


Desktop Blankon


Pada umumnya dalam Operating sistem Linux terdapat berbagai aplikasi, yang juga kompatibel dengan aplikasi Microsoft Windows. Jika di windows ada Ms Word maka di Linux ada OpenOffice Writer. Ms Excel di Linux di kenal dengan OpenOffice Calc atau Spreedsheet. Penamaan yang berbeda namun memiliki kemampuan setara. Aplikasi lainnya yang melengkapi operating sistem Linux adalah untuk membuat presentasi, pengolah photo, pengolah vektor dan masih banyak lainya tentu degan nama software yang berbeda.

Linux diyakini lebih aman dan stabil dari ancaman virus, karena menerapkan klasifikasi user yang berbeda-beda ketika login. Selain itu virus yang kebanyakan beredar saat ini adalah umumya dibuat khusus untuk operating sistem windows. Sekilas tampilan Linux awalnya agak rumit namun jika sudah terbiasa kita akan dengan mudah memanfaatkan aplikasi di dalamnya.

Referensi : E-lifestyle Metro TV

3 komentar:

Anonymous said...

nice :)

Ade Wicak said...

untuk IGOS screen shot nya mana ?

Hadinux Nubie said...

@ade wicak : waduh kelupaan ternyata he.he. :D Tapi tidak jauh berbedalah dengan Blank On.

Post a Comment